Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) dapat mengobati beragam masalah kesehatan. Selain terkenal dalam menyembuhkan rasa sakit, ada begitu banyak lagi masalah kesehatan yang dapat diatasi. Seperti meningkatan kesuburan, mengatasi gangguan pencernaan, alergi / infeksi sinus dan meredakan stres, ini hanyalah beberapa contoh masalah yang dapat diatasi oleh pengobatan Tiongkok.

Saya akan membahas beberapa hal yang mendasar. Pengobatan Tradisonal Tiongkok mencakup lebih dari sekedar Akupunktur.

Termasuk juga metode bekam, moxibustion, pengobatan herbal Tiongkok dan Tuina. Saya akan memberikan penjelasan singkat dari masing-masing metode.

Akupunktur

Akupunktur adalah penisikan jarum yang sangat halus ke dalam titik-titik tertentu pada tubuh. Selama ribuan tahun, praktisi PTT telah memetakan 12 meridian utama pada tubuh manusia, jalur yang membawa Qi (energi vital, diucapkan jhi) ke seluruh tubuh.

Setiap meridian terhubung ke satu organ tertentu, atau kelompok organ, yang mengatur fungsi tubuh tertentu. Titik-titik akupunktur yang terletak di sepanjang meridian ini, ketika jarum ditusukkan, akan merangsang kemampuan penyembuhan tubuh dengan mengatur aliran Qi melalui meridian ini. Ketika Qi mengalir dengan bebas, kesehatan berangsur-angsur dipulihkan.

Yin dan Yang juga merupakan aspek penting untuk memahami Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT). Ini semua berkisah seputar keseimbangan dan ketika saya menusukan jarum pada titik-titik akupunktur yang benar, maka keseimbangan dapat dikembalikan ke tubuh. Jika memiliki masalah kronis, beberapa teknik perawatan mungkin diperlukan. Jika masalahnya tergolong akut, beberapa rangkaian pengobatan mungkin melakukan trik.

Pengobatan herbal Tiongkok

Obat herbal menggunakan bahan dasar dari tanaman, bunga dan mineral untuk penyembuhan. Herbal sangat spesifik dalam tindakannya dan memiliki beragam kualitas dan sifat yang menargetkan aspek berbeda dari suatu penyakit. Herbal diklasifikasikan sebagai panas atau dingin, pahit atau manis, dan banyak lagi. Ketika sumber penyakit Anda bersuhu lebih hangat, maka penggunaan herbal pendingin akan lebih tepat.

Sebagai contoh penyakit flu biasa. Anda mungkin mengalami gejala panas, seperti demam, dahak kuning dan sakit tenggorokan. Jadi, rumus herbalnya akan mencakup herbal yang bersifat mendinginkan untuk membersihkan panas dalam tubuh Anda. Dari contoh sederhana ini, Anda dapat melihat bagaimana formula herbal harus khusus disesuaikan dengan kebutuhan individu setiap pasien.

Herbal tersedia dalam berbagai bentuk, yang paling populer berbentuk pil dan teh. Ketika digunakan dengan benar di bawah bimbingan praktisi PTT, mereka umumnya aman dan jarang memiliki efek samping.

Bekam

Bekam adalah teknik kuno yang menempatkan gelas pada kulit, penyedotan keluar udara dan menciptakan ruang hampa. Jaringan di bawahnya dinaikkan, atau dihisap, setengah jalan ke dalam gelass. Tujuan dari bekam adalah untuk meningkatkan sirkulasi, membantu mengurangi rasa sakit, menghilangkan “panas tubuh” dan menarik racun dari jaringan tubuh Anda.

Anda biasanya merasakan sensasi ketat di area gelas, yang sering terasa baik dan merelakskan sakit pada otot. Pada umumnya gelas dibiarkan di tempat selama 5-20 menit. Bekam menyebabkan warna kulit berubah sementara menjadi merah, biru atau ungu, terutama jika ada penyumbatan energik bawah area gelas. Perubahan warna kulit bisa berlangsung dari beberapa hari sampai beberapa minggu.

Saya memiliki hasil tertentu yang baik bagi pasien flu, pilek, nyeri punggung, nyeri otot, kondisi kulit gatal merah, alergi, demam, sakit dan nyeri.

Moxibustion

Teknik ini melibatkan pembakaran ramuan mugwort (artemisia vulgaris, di Indonesia dikenal sebagai tanaman baru cina) dengan jarak yang aman dari kulit untuk menghangatkan titik akupunktur. Tanaman moxa, yang dalam bahasa Tionghoa disebut ai ye, dan terbuat dari wol tanaman mugwort.

Moxa menciptakan sensasi panas yang nyaman bagi kulit. Teknik ini membantu menghangatkan meridian, membuka saluran, mengatur Qi dan aliran darah dalam tubuh, mengusir dingin dan lembab serta menghangatkan rahim. Ada banyak bentuk moxa. Ini bisa menjadi tongkat, digunakan di atas jarum atau digunakan bersama dengan jahe atau mangkuk moxa. Moxa termasuk unsur Yang (positif) di alam, dan karena itu terutama digunakan untuk mengembalikan kondisi kekurangan Yang.

Beberapa gangguan utama yang dapat diobati dengan teknik Moxa meliputi asma, diare, nyeri rematik, sakit perut, muntah, gangguan ginekologis tertentu (sering kali digunakan untuk meningkatkan kesuburan), dan segala jenis rasa sakit yang disebabkan oleh dingin atau kekurangan gizi.

Dalam praktek saya di Chicago, saya sering menunjukkan kepada pasien, yang menurut saya akan mendapat manfaat dari moxa, bagaimana menggunakannya sehingga mereka dapat melakukan perawatan sendiri di rumah.

Tuina

Tuina adalah bentuk pengobatan Asia yang melibatkan pijat, yang kadang-kadang dapat merasakan seperti persilangan antara Shiatsu dan akupresur. Tuina sangat efektif terutama untuk nyeri sendi (seperti radang sendi), linu panggul, kejang otot, serta nyeri di punggung, leher, dan bahu. Juga membantu kondisi kronis seperti insomnia, sembelit, sakit kepala, dan ketegangan yang terkait dengan stres.

Teknik Tuina yang dipraktekkan di Tiongkok saat ini, lebih mendekati teknik ahli tulang punggung, dibandingkan dengan terapis pijat. Kebanyakan praktisi terlatih Tuina di Barat tidak melakukan “pengaturan tulang” seperti yang dilakukan rekan profesi mereka di Tiongkok. Ini diajarkan sebagai bidang pelajaran yang terpisah namun setara di sekolah Pengobatan Tradisional Tiongkok , yang membutuhkan tingkat pelatihan yang sama sebagai ahli akupunktur dan ahli herbal. (Epcohtimes/Jennifer Dubowsky /Ajg)

Jennifer Dubowsky, lac, seorang ahli akupunktur berlisensi dengan praktek di pusat kota Chicago, Illinois, sejak tahun 2002. Jennifer memperoleh gelar Sarjana Sains di Kinesiology dari University of Illinois di Chicago dan gelar Master of Science di bidang Oriental Medicine di Southwest Acupuncture College di Boulder, Colorado. Selama studinya, ia pernah magang di Rumah Sakit Persahabatan Sino-Jepang di Beijing, Tiongkok. Jennifer telah meneliti dan menulis artikel tentang pengobatan Tiongkok dan menjadi pembicara seminar pada topik tersebut. Dia membuat blog populer tentang kesehatan dan pengobatan Tiongkok di Acupuncture Blog Chicago. Buku pertamanya berjudul Adventures in Chinese Medicine. Anda dapat menemukannya di www.tcm007.com.

Share

Video Popular