Oleh: Xiao Xiao

Lingkaran atau bintik pentagonal, heksagonal seperti yang terlihat pada gambar telah menjadi kontroversi yang diperdebatkan.

Setelah diteliti lebih lanjut, ahli terkait mengatakan, bahwa sebagian besar hal itu berhubungan dengan penampakan roh gaib (diantaranya penampakan Buddha Dharma tidak sama dengan makhluk halus-setan), banyak biksu juga mendukung pandangan ini.

Namun, beberapa penganut aliran materialisme menentang pandangan ini, dengan pemahaman dangkal mereka menduga itu adalah hamparan debu. Namun  setelah disangkal kemudian mereka mengatakan bahwa hal itu disebabkan oleh gelembung dari dalam kamera digital, atau hasil jepretan film. Bahkan menurut versi mereka, ada ahli yang mengatakan bahwa pengaruh dari pembentukan suatu gambar dan penyaringan debu, suhu atau kelembaban terhadap cahaya itu yang menyebabkan fenomena ini, tapi mengapa tidak ada “ahli” yang dapat memverifikasi pernyataan mereka dengan percobaan yang lebih meyakinkan.

Karena keistimewaan dari pekerjaan kami (membangun patung besar Buddha), jadi acapkali mengalami hal-hal yang muskil dalam proses pembangunan tersebut, dan yang lebih sering dialami adalah akan terjadi perubahan cuaca ketika proses konstruksi penting, misalnya saat mengangkat wajah Buddha atau kubah (atap melengkung setengah bulatan), biasanya akan hujan gerimis sebelum proses pengangkatan, kemudian berangsur-angsur akan berhenti. Tak lama kemudian matahari pun menyembulkan cahayanya setelah proses selesai, dan terkadang diiringi dengan pelangi di angkasa.

Perubahan cuaca ini jauh lebih rasional untuk menjelaskan fenomena-fenomena tersebut. Tapi ketika dalam proses pembangunan Samantabhadra Bodhisattva Buddha, patung perunggu di E-mei Mountain, provinsi Sichuan tahun lalu, juga mengalami fenomena gaib lainnya, dan tidak bisa dijelaskan hingga sekarang. Fenomena yang dimaksud adalah munculnya lingkaran gaib, seperti dalam gambar di bawah ini.

Seiring dengan kemajuan konstruksi, lingkaran yang muncul semakin banyak, hingga akhirnya memenuhi segenap ruangan. (internet)
Seiring dengan kemajuan konstruksi, lingkaran yang muncul semakin banyak, hingga akhirnya memenuhi segenap ruangan. (internet)

Selain itu, ada fenomena yang lebih muskil yaitu lingkaran yang tertangkap kamera terlihat ada celahnya. Namun celah-celah itu semakin kecil seiring dengan kemajuan konstruksi, hingga akhirnya lenyap. Lihat perbandingan gambar berikut ini.

Gambar ajaib yang tertangkap kamera saat konstruksi patung Buddha. (Internet)

Demi mencari tahu sebab munculnya lingkaran itu, kami telah melakukan beberapa tes. Pertama mengambil gambar patung Buddha di posisi yang sama dengan kamera yang sama, dan hasilnya lebih dari setengah foto yang dijepret itu ada lingkarannya.

Kemudian kami mengambil gambar atau pemandangan lainnya yang tidak ada patung Buddha-nya, hasilnya sebagian besar tidak terlihat adanya lingkaran. Kemudian kami menggunakan beberapa kamera merek lain dan mengulangi percobaan di atas, dan hasilnya sama, lalu kami menggunakan kamera film tradisional, dan hasilnya foto yang dicuci itu juga sama. Tak tahu apa sebabnya, lalu kami berkonsultasi dengan tokoh agama Buddha.

Menurut penjelasan mereka, lingkaran yang tampak itu itu adalah “Cahaya Sang Buddha”, adalah tempat tingggalnya Buddha dan para Bodhisattva. Adapun penjelasan mengenai celah pada lingkaran pertama sementara lingkaran berikutnya tdak ada itu, karena proses konstruksi yang belum sepenuhnya selesai, sehingga tampak ada celahnya. Namun, seiring dengan rampungnya konstruksi tersebut, maka cahaya Buddha pun berangsur-angsur membentuk lingkaran yang sempurna. Dan demi  membuktikan bahwa itu adalah cahaya Buddha, mereka juga melampirkan gambar Buddha yang diambil dari kegaiban patung Buddha di India, dan memang tampak terlihat ada lingkaran cahaya yang ajaib.

Jadi kami akhirnya menerima pandangan bahwa lingkaran cahaya itu merupakan cahaya Sang Buddha, tapi dalam hati kami masih agak ragu dengan pandangan ini, sehingga kami menguraikan fenomena ini kepada Anda sekalian, dengan harapan ada yang bisa membantu menganalisanya sejenak, dan bersama kita mencari tahu sebab munculnya lingkaran cahaya itu yang sebenarnya. (Secretchina/Ye Yu Huan/joni/rmat)

Share

Video Popular