- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Ditemukan Lubang Hitam Termuda, Baru Berusia 1000 Tahun

Data yang dikumpulkan dari teleskop Sinar-X Chandra milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) menunjukkan bahwa sisa dari ledakan supernova kemungkinan mengandung lubang hitam yang baru terbentuk dalam galaksi Bima Sakti, dan usianya diperkirakan hanya sekitar 1.000 tahun.

Laman situs NASA menyebutkan, bahwa sisa ledakan bintang bernama W49B ini jaraknya sekitar 26.000 tahun cahaya dari bumi. Usianya diperkirakan baru sekitar 1.000 tahun, sepertinya merupakan hasil ledakan bintang yang langka.

Para peneliti mengatakan, bahwa untuk pertama kalinya pola pengakhiran (binasa) dari bintang induk W49B ini tidak sama dengan bintang lainnya yang ditemukan dalam galaksi Bima Sakti.

Umumnya, ledakan supernova terjadi ketika bintang yang maha-besar kehabisan bahan bakar. Namun menurut NASA, ledakan tersebut belum dapat dipahami dengan pasti. Ledakan tersebut cenderung simetris, namun sisa supernova W49B tidak simetris, lonjong dan berbentuk elips.

Para ilmuwan mengatakan bentuknya yang aneh dan gambar sinar-x sisa ledakan supernova yang berwarna-warni dan terang benderang itu memberi indikasi bahwa bintang tersebut mengalami kematian yang tidak biasa.

Gambar-gambar baru dari teleskop Sinar-X Chandra yang mengamati jagat raya memberi indikasi bahwa sisa ledakan bintang raksasa, supernova, berupa awan gas yang menyala dan berbentuk aneh, kemungkinan berisi satu lubang hitam muda.

Seperti biasanya, para astronom mencari inti yang kental dan berputar, tetapi mereka tidak melihat indikasi tersebut. Mereka memperkirakan lubang hitam mungkin telah terbentuk pada saat itu.

Ledakan supernova seperti W49B ini selalu berkaitan erat dengan ledakan sinar gamma, dan ledakan sinar gamma yang pernah ditemukan hanya di galaksi yang jauh itu juga dianggap sebagai simbol dari pembentukan lubang hitam. Meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan supernova W49B juga menghasilkan ledakan sinar gamma, tetapi mungkin memiliki sifat yang sama dengan ledakan sinar gamma. (Secretchina/Ye Yu Huan/joni/rmat)