Apakah susungguhnya ada kemeja anti kotor, anti bau dan anti kerut?  kalau kena noda tinggal disiram saja? Ga perlu susah payah membersihkannya. Inilah tuntutan pada zaman sekarang

Kemeja adalah pakaian yang sangat umum. Cocok dipakai untuk kerja, acara pernikahan dan acara-acara formal lainnya.

Tetapi pakaian mudah menjadi kotor oleh noda, seperti tumpahan saus, minuman berwarna, sampai keringat. Selain itu juga sulit dibersihkan jika terkena noda tertentu.

Atas dasar inilah, sebuah perusahaan startup bernama Labfresh asal Belanda, menciptakan pakaian dengan bahan khusus, yang diklaim mampu membuat pakaian putih terbebas dari noda, anti bau dan kerut. Cukup disiram dengan air jika tanpa sengaja terkena noda, pakaian pun seketika kembali seperti semula.

Tidak seperti kemeja katun pada umumnya, pakaian Labfresh ini terbuat dari 98% katun INDUO dan 2% elastene ini juga tahan terhadap bau badan penggunanya.

Jadi sebasah apapun tubuh penggunanya karena keringat, pakaian pintar ini mampu mencegah bau badan pemakainya sehingga tidak tercium orang lain.

Perusahaan tersebut mengatakan, “Teknologi INDUO mampu mencegah semua cairan dan bakteri sebelum memasuki kain. Oleh karena itu Anda dapat membilasnya dengan mudah jika terkena noda.”

Pendiri Labfresh Kasper Brandi Petersen mengatakan, bahwa ia secara pribadi telah menguji efektivitas kemeja ini. Ia telah berjalan, bersepeda, dan menari dengan memakai kemeja itu selama lebih dari 100 jam, dan juga terkena banyak jenis cairan yang sulit dihilangkan seperti anggur merah, saus sriracha, minyak zaitun dan cairan lain yang sulit dihilangkan jika terkena baju.

Dari hasil uji cobanya itu, ia temukan bahwa setelah mencuci sampel lebih dari 40 kali. Ia mengonfirmasikan teknologi INDUO ini sangat efektif.

Perusahaan terkait mengatakan, dibandingkan dengan pakaian berbahan katun lainnya, teknologi INDUO dapat memastikan kemeja ciptaan perusahaannya ini mampu mempertahankan kebersihannya dalam waktu yang lebih lama. Namun berapa lama pakaian ini akan rusak, tergantung pada individu masing-masing.

Meskipun teknologi INDUO juga memungkinkan kemeja bebas kerut, tetapi perusahaan tetap menyarankan kepada pemakainya sebaiknya disetrika sebentar setelah dicuci, untuk menjaga penampilannya tetap terlihat segar.

Perusahaan juga mengatakan bahwa meskipun pengguna bisa membersihkan pakaian yang terkena noda dengan air, namun, jika terkena noda dari zat tertentu, tetap perlu menggunakan mesin cuci untuk menghilangkan nodanya.

Perusahaan Labfresh kini tengah menggalang dana untuk kemeja ini dan menerima pre-order di Kickstarter. Pakaian pintar ini dibanderol seharga 199 Euro atau sekitar Rp 2,8 juta. Tapi jika anda memesannya sekarang akan mendapatkan potongan harga sebesar 20 Euro. Produk ini direncanakan mulai dikirim pada Maret 2017. (Epochtimes/ Mo Li/joni/rmat)

Share

Video Popular