Tekanan darah tinggi, gout, ginjal, ketiga jenis penyakit yang menyiksa orang-orang ini adalah : Harus memenuhi asupan gizi, tetapi tidak tahu bagaimana baiknya, untuk makan harus dilakukan. Katanya minum sup sebelum makan jauh lebih baik dari resep mujarab apa pun.

Berikut adalah tiga jenis sup yang direkomendasikan untuk penderita darah tinggi, gout dan ginjal. Jangan khawatir, Anda bisa meminumnya dengan aman, karena tidak akan berefek buruk pada (kesehatan) tubuh Anda !

1. Diperuntukkan kepada penderita gout (sejenis sakit sendi atau arthritis yang ditandai dengan pembengkakan pada sendi akibat kadar asam urat berlebih dalam tubuh)

Para penderita gout tahu, tidak boleh menyentuh (makan) makanan yang mengandung purin berkadar tinggi, dan purin yang terkandung dalam 100 ml sup hampir empat kalinya dari 100 gram daging!

Kalau begitu, apakah penderita gout harus mengucapkan selamat tinggal pada sup ? Sebenarnya, kita hanya perlu menurunkan kandungan purin dalam sup :

Dalama pemilihan makanan daging, sebaiknya pilih kandungan purin rendah, misalnya membuang isi perut (jeroan) ayam.

Masak sup dengan api kecil dan paling lama tidak lebih dari 45 menit.

Bersihkan daging ayam bagian dada dengan air mengalir, setelah itu masukkan ke dalam air dengan suhu 50 derajad atau air hangat dan rebus sekitar 20 menit.

Kemudian tambahkan kacang dan biji teratai, rebus lagi sekitar 10 menit, siap disajikan.

2. Sup untuk penderita hipertensi

Terkait tekanan darah tinggi ini, kita pasti tidak asing lagi. Terkait hipertensi ini, hal utama yang harus diperhatikan adalah pembatasan (bumbu) garam! Penggunaan garam mungkin tidak banyak berpengaruh dari sisi rasa saat memasak, tapi kurangnya garam pada saat membuat sup, dipastikan sedikit banyak akan berpengaruh pada aromanya atau rasanya.

Kalau begitu, bagaimana baiknya bagi penderita hipertensi agar bisa menikmati semangkuk sup yang menggoyang lidah (lezat) dan sehat itu :

Disini derekomendasikan satu senjata rahasianya, cuka!

Cuci bersih dulu ikan yang akan diolah menjadi sup, setelah itu goreng sebentar dengan sedikit minyak, untuk menghilangkan amisnya.

Setelah itu, masukkan ke dalam air, tambahkan jahe, masak sekitar 15 menit, lalu tambahkan biji teratai, dan masak lagi sekitar 10 menit, kemudian tambahkan sedikit garam dan bubuk jamurl, angkat dan siap dinikmati.

3. Diperuntukan bagi penderita nefropati (penyakit pada ginjal)

Umumnya penderita penyakit ginjal itu tidak dianjurkan minum sup, karena sup mengandung unsur fosfor.

Mereka dengan fungsi ginjal yang buruk, kemampuan rasio filtrasi glomerulusnya menurun, kemampuan untuk mengeluarkan fosfor berkurang, dimana hal ini akan terjadi kondisi fosfor tinggi. Jika mengonsumsi makanan fosfor tinggi dalam jangka panjang, dipastikan akan memperburuk hyperphosphatemia, dan juga memperburuk kerusakan ginjal.

Pada umumnya, kandungan fosfor pada daging relatif tinggi, tetapi dengan cara berikut ini dapat menghilangkan sebagian besar fosfor dalam daging :

Masak daging selama sekitar 10 menit, lalu tiriskan, kemudian masak lagi dengan air yang baru, sehingga dengan demikian, sebagian besar fosfor itu pun dapat dihilangkan.

Masukkan daging ke dalam air, masak selama 10 menit, angkat, buang airnya, kemudian tambahkan air panas, beligo/kundur, dan dua iris jahe.

Rebus lagi selama sekitar satu jam, setelah itu cukup tambahkan sedikit garam, angkat dan siap dinikmati.

Ketiga sup ini, adalah berkah bagi jutaan penderita penyakit tersebut di atas, selama Anda mengolahnya sesuai dengan petunjuk, maka bagi Anda yang menderita penyakit-penyakit tersebut bisa menikmatinya dengan tenang, bukan saja menyehatkan tapi juga sekaligus bisa menikmati kelezatannya tanpa dihinggapi penyakit. (NTD.TV/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular