Banyak dari teori pengobatan Tiongkok berasal dari kitab Klasik Pengobatan Internal Kaisar Kuning, sebuah karya literatur dari 240 SM yang mereferensi pengetahuan dari masa yang jauh lebih kuno. Pada bab pertama, Kaisar Kuning bertanya kepada penasihat dokternya yang bernama Qi Po, mengapa orang kuno hidupnya begitu lama.

Qi Po menjelaskan bahwa orang kuno hidup selaras dengan musim, sehingga sangat mudah bagi mereka untuk menjaga kesehatan hingga melewati usia 100 tahun. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kebiasaan hidup manusia berubah.

Qi Po mengatakan: “Saat ini, orang telah berubah cara hidupnya. Mereka minum anggur seperti air biasa, menuruti kehendak yang berlebihan dalam aktivitas yang merusak, mengeringkan Jing mereka (saripati tubuh manusia yang disimpan dalam ginjal), dan menguras habis Qi nya. Mereka tidak mengetahui rahasia untuk menghemat energi dan vitalitasnya. Mencari kesenangan emosional dan pengumbaran nafsu sesaat, orang tidak memedulikan ritme alami dari alam semesta. Mereka gagal untuk mengatur gaya hidup dan makanan, serta tidur yang tidak teratur. Jadi tidaklah mengherankan jika mereka tampak tua di usia 50 tahun dan cepat meninggal.”(Epochtimes/

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular