Menurut sebuah penelitian, kognisi pada orang paruh baya dapat ditingkatkan dengan tidur siang setelah makan siang. (SHUTTERSTOCK)

Menurut sebuah penelitian, kognisi pada orang paruh baya dapat ditingkatkan dengan tidur siang setelah makan siang.

Para peneliti menganalisis data yang dilaporkan sendiri pada kebiasaan tidur pada siang hari diikuti dengan penilaian kognitif pada orang dewasa etnis Tionghoa yang berusia lebih tua. Para peserta dikategorikan ke dalam salah satu kelompok berikut berdasarkan perilaku tidur siang mereka: tidak tidur (0 menit), tidur singkat (kurang dari 30 menit), tidur  sedang (30 sampai 90 menit), dan tidur lama (lebih dari 90 menit) .

Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang siang hari tidur sedang memiliki kognisi secara keseluruhan lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tidak tidur dan tidur lama.

Kelompok tidak melakukan tidur pada siang hari  memiliki kognisi yang lebih buruk jika dibandingkan dengan kelompok tidur singkat. Bahkan setelah mengendalikan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kognisi, tidur siang masih ditemukan menjadi faktor signifikan. Para peneliti menyimpulkan, “Studi longitudinal dengan takaran objektif tidur siang diperlukan untuk lebih menguji hipotesis ini”.

Manfaat tidur pada siang hari

Kita semua tahu bahwa tidur merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan, jadi jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur di malam hari, Anda mungkin ingin mengimbanginya dengan melakukan tidur di siang hari. Ada tiga jenis tidur siang: direncanakan, darurat, dan kebiasaan.

Tidur terencana: yakni tidur pada siang hari yang dilakukan sebelum mulai mengantuk. Tidur terencana ini  berguna jika Anda merasa perlu untuk tetap terjaga dari biasanya, atau jika Anda ingin menghindari tidur lebih awal dari biasanya.

Tidur darurat: Jenis tidur pada siang hari  yang terjadi secara tiba-tiba ketika Anda tidak bisa lagi menyelesaikan suatu kegiatan karena sangat kelelahan.

Kebiasaan : jenis tidur siang yang terjadi setiap hari pada waktu yang sama. Hal ini sering terlihat pada anak-anak.

Selain meningkatkan memori, tidur siang membawa manfaat kesehatan. Tidur siang sekitar 20 menit lamanya dapat memberi manfaat sebagai berikut:

• Mendukung kewaspadaan dan meningkatkan kinerja
• Manfaat psikologis seperti perasaan relaksasi dan peremajaan
• Peningkatan pembelajaran dan memori kerja
• Peningkatan kesehatan
• Memperbaiki suasana hati

Seperti yang Anda lihat, tidur pada siang hari bisa bermanfaat untuk kesehatan. Namun perlu diingat bahwa tidur pada siang hari tidak dapat menggantikan tidur malam yang baik, jadi jika Anda tidak tidur dengan baik, harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengungkap penyebabnya. Terakhir, hindari tidur siang terlalu dekat dengan waktu tidur malam, karena akan mengganggu siklus tidur. (Epochtimes/Ajg/Yant)
Dr. Marchione telah berpraktek di New York dan New Jersey selama lebih dari 20 tahun. Dia pernah tampil di ABC News dan World Report, CBS Evening News dengan Dan Rather, dan NBC Today Show.

Share

Video Popular