JAKARTA – Karya peneliti Indonesia melalui beragam hasil risetnya perlu digaungkan kembali. Oleh karena itu, hasil penelitian dalam bidang iptek di Indonesia akan dipamerkan pada ajang Indonesian Science Expo (ISE) 2017. Kick off kegiatan ini berlangsung pada Kamis (2/2/2017).

Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain mengemukakan, perhelatan ISE tahun ini adalah bagian dari peringatan 50 tahun kiprah LIPI (1967-2017). Setidaknya ada tiga tujuan utama yang hendak dicapai dalam peringatan 50 tahun kiprah LIPI ini, antara lain pertama pertanggungjawaban kepada publik tentang  peran dan capaian LIPI dalam membangun bangsa dan negara.

Tujuan Kedua, momentum untuk melakukan evaluasi atas kekuatan dan kelemahan LIPI dalam menjalankan fungsinya: pengembangan ilmu pengetahuan dan pemanfaatannya oleh pemangku kepentingan dan masyarakat secara umum.

“Dan ketiga, merumuskan usulan pemikiran/konsep LIPI ke depan untuk “membumikan” pengembangan ilmu pengetahuan dan kebermanfaatannya bagi masyarakat,” sambungnya dalam siaran pers LIPI, Kamis (2/2/2017).

Wakil Kepala LIPI dan juga Penanggung Jawab Kegiatan 50 Tahun LIPI, Bambang Subiyanto melihat ISE ini sendiri sebagai upaya meningkatkan apresiasi pemerintah akan arti penting dan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk landasan kebijakan. Selain itu, meningkatkan apresiasi pemangku kepentingan, terutama pihak swasta akan arti penting dan pemanfaatan iptek bagi pengembangan dunia usaha.

“Penyelenggaraan ISE ini juga diarahkan agar meningkatkan peran pemerintah dan swasta dalam memberikan dukungan sumber daya (utamanya pembiayaan) secara konsisten bagi pengembangan iptek,” tutur Bambang.

ISE akan menampilkan hasil-hasil riset peneliti, baik kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi dan tentunya juga LIPI, serta industri. Kegiatan ISE ini terdiri dari pra kegiatan dan pelaksanaan kegiatan.

Pada pelaksanaan ISE yang direncanakan pada 23-26 Oktober 2017 di Balai Kartini Jakarta, kegiatannya antara lain pameran hasil-hasil riset, Youth Science Fair 2017, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi 2017, pameran industri, pameran perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan, serta konferensi ilmiah. (asr)

 

 

Share

Video Popular