Oleh Li Xiaoming

Huashan atau Gunung Hua yang berketinggian 2.154,9 meter di atas permukaan laut merupakan satu dari 5 gunung terkenal di Tiongkok. Gunung yang terletak di provinsi Shaanxi, Tiongkok itu, termasuk gunung yang bertebing sangat curam.

Di sisi timur dari puncak gunung sebelah selatan terdapat sebuah jalur lintas tebing curam dan panjang bangunan masa lalu yang dijuluki “Papan Lintas Udara”.

“Papan Lintas Udara” itu sudah dibangun pada lebih 700 tahun lalu oleh master Huashan generasi pertama. Ia seorang pendeta senior Taoisme pada masa Dinasti Yuan, He Zhizhen yang digunakannya untuk berkultivasi, bertapa di atas gunung tersebut.

Ia memanjat tebing untuk menata bebatuan, menyusun papan pijakan selebar lebih kurang 30 cm di atas tebing yang sangat curam. Keselamatan pelintas hanya digantungkan pada seutas kawat baja yang digunakan sebagai pegangan. Gemetarnya pada kedua kaki ketika melintas membuat jalur ini juga dikenal dengan sebutan “Lintasan Paling Berbahaya Gunung Hua”.

Menjelang jalur masuk “Papan Lintas Udara” ada sebuah papan peringatan bertuliskan 懸崖勒馬 (xuan ya le ma, artinya, hentikan laju kuda – sebagai alat transportasi) karena di depan adalah jurang), sengaja dipasang untuk mengingatkan kepada mereka yang tidak yakin memiliki keberanian untuk melintas, agar tidak mencoba-coba.

Salah satu sudut “Papan Lintas Udara” di Huashan. (internet)

Seorang turis mengatakan, “Ketika kaki memijak papan di atas tebing curam itu, yang terlihat di bawah kaki hanya kabut tebal dan dahan-dahan di puncak pohon sesekali nongol dari kabut lebih tipis, membuat hati jadi kecut, mental jadi drop. Para penakut pasti akan  menangis histeris bahkan terkencing-kencing”.

Namun demikian, jalur lintas jurang itu memang menantang para petualang nekad dalam dan luar negeri, menggoda mereka untuk datang menguji nyali. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular