Gedung Putih membantah rumor yang beredar bahwa Presiden Trump berencana untuk mengerahkan sejumlah 100.000 orang anggota Pengawal Nasional (National Guard) untuk menangkap para imigran gelap. Pernyataan Gedung Putih pada Jumat (17/2/2017) menyatakan bahwa  itu adalah berita 100 % bohong.

“Berita itu 100 % tidak benar. Itu berita bohong, laporan yang tidak bertanggung jawab,” kata juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer seperti disebutkan Bloomberg, dalam menanggapi berita Associated Press tentang rencana Trump memobilisasi 100.000 anggota Pengawal Nasional.

Associated Press baru-baru ini mengutip konten dari draft memorandum Keamanan Nasional setebal 11 halaman kemudian memberitakannya. Berita menyebutkan bahwa pemerintah Trump berencana untuk mengerahkan sejumlah 100.000 anggota Pengawal Nasional menuju 4 negara bagian yang berbatasan dengan Meksiko dan 7 negara bagian lainnya yang berdekatan untuk operasi penangkapan terhadap para imigran gelap.

Berita juga menyebutkan bahwa Menteri Keamanan Nasional AS, John Kelly sendiri yang merancang rencana operasi tersebut.

Juru bicara Departemen Keamanan Nasional, Gillian Christensen dalam email-nya mengatakan, “Departemen Kehakiman sama sekali tidak mempertimbangkan untuk memobilisasi anggota Pengawal Nasional.”

Pejabat Biro Pengawal Nasional juga menegaskan bahwa pihaknya tidak tahu menahu soal memo dan rencana itu.

Sementara juru bicara Departemen Keamanan Nasional Jamie Davis melalui email-nya menjelaskan, “Sejauh ini kami belum menerima pemberitahuan resmi untuk mengerahkan anggota dari Biro Pengawal Nasional.”

Associated Press menyatakan bahwa berita itu dikutip dari isi memorandum yang merupakan penjelasan tambahan pada Perintah Eksekutif yang ditandatangani Trump pada 25 Januari, ditujukan kepada ICE (Departemen Imigrasi dan Bea Cukai AS) beserta CBP (Kantor Urusan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS).

Seorang pejabat Departemen Keamanan Nasional kepada Bloomberg mengatakan, memo tersebut pada waktu itu hanyalah sebuah gagasan tertulis yang dianggap tidak matang, jadi tidak perlu diperlakukan secara serius. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular