- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Begini Rupa Penjara di Seluruh Dunia

Penjara adalah tempatnya para pesakitan/tahanan. Kesan yang terlintas dalam benak orang-orang, dimana demi memberi efek jera, penjara adalah sebuah tempat yang menakutkan. Tentu saja, sebagian besar penjara itu pastilah mengerikan.

Tapi di jagad raya yang luas tak terhingga ini, terbentuknya penjara dan struktur internalnya jauh lebih samarak dari bayangan kita. Berikut mari saksikan berbagai penjara di belahan dunia. Tampak dalam gambar di bawah ini adalah sebuah penjara kolektif.

[1]Penjara Diyarbakir di Turki, para tahanan seperti hewan yang dikurung dalam kandang. Sebuah penjara di Manila, Filipina, para tahanan tidur berdesakan di tangga, bahkan tidak ada ruang walau hanya sekadar merenggangkan kaki.

[2]Brasil Sementara itu di penjara Carandiru Penitentianry, Brasil, sarat dengan para pesakitan, lingkungan yang ekstrim buruk, pernah terjadi kerusuhan besar pada 1992. Sedangkan sel tunggal dari penjara Federal yang terletak di Pulau Alcatraz, AS, meskipun kumuh tapi dilengkapi dengan wastafel dan sebuah meja sederhana.

[3]Sel tunggal dari Penjara Quentin di California, mekipun sempit dan berantakan, tapi barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari lumayan lengkap, disediakan buku bacaan dan TV. Sementara itu, di sebuah penjara wanita di Rumania, disediakan ruang keluarga (ruang tahanan yang dapat menampung banyak orang).

[4]Meskipun ruangannya tidak terbilang bagus, tapi pada 2013 lalu, para tahanan menyelenggarakan kegiatan berselfie ria yang unik dan mengesankan antar tahanan perempuan, sedangkan otoritas setempat menyediakan 6 kamera digital untuk tahanan perempuan, dan mengajar mereka cara menggunakan kamera.

Sementara itu, penjara di Belanda memberikan otonomi kepada para tahanan, gerbang penjara hanya akan dikunci pada malam hari.

[5]Tampak dari gambar lingkungannya juga terlihat cukup baik. Dan di negara Eropa Utara yang maju, yakni Swedia, coba perhatikan foto di bawah, apakah itu sebuah hotel? Bukan,  itu adalah penjara.

Demikian juga di Norwegia, penjara Bastoy-nya yang dikenal indah itu, hukuman yang dijalani bahkan tidak dikenakan keterbatasan ruang. Ruang tahanannya adalah sebuah pondok kayu, setiap blok dibagi bersama 6 tahanan, masing-masing tahanan memiliki kamar mereka sendiri secara terpisah. Tampak pada gambar di atas seorang tahanan sedang berjemur. Untuk makan diurus masing-masing tahanan, bukan saja dapat menonton TV, menggunakan komputer, berjemur, bahkan bisa menunggang kuda di sekitar arena balap kuda, berenang, memancing di danau, semua yang disediakan itu membuat kita serasa ilusi berkemah.

Meskipun itu adalah penjara dengan sistem keamanan rendah, tapi setiap narapidana tahu betul bahwa mereka itu datang sebagai tahanan, namun, tahanan seperti itu jelas terlihat sangat nyaman, sehingga sulit bagi kita merasakan penderitaan sebagai pesakitan yang sedang menjalani hukuman. (erabaru.net/joni/rmat)