Jendela Dwejra yang juga dikenal dengan nama Azure Window telah runtuh ke dalam laut setelah diterpa badai pada Rabu (8/3/2017).

Jendela Dwejra yang menjadi tempat wisata utama Malta dan pernah masuk  serial TV HBO ‘Game of Throne’ runtuh ke dalam laut akibat tak mampu menahan kencangnya tiupan angin yang dibarengi dengan hujan sangat lebat.

Jendela Dwejra, lengkungan alami yang terbentuk dari batu gamping di pulau Gozo di Malta berdiri di atas laut yang berwarna biru. Menjadi lokasi wisata favorit khususnya bagi para penyelam manca negara. sebagian dari mereka itu bahkan akan melompat terjun ke laut dari atas jendela tersebut.

Gianluca Lia @gianlia96. Historical #AzureWindow has collapsed this morning in #Gozo.

Media Malta ‘Times of Malta’ dalam laporannya menyebutkan bahwa penduduk setempat bernama Roger Chessell menjadi saksi mata proses runtuhnya jendela ini ke dalam laut.

“Ketika itu ombak besar bergulung-gulung pada permukaan laut di bawah jendela, Tak lama kemudian sebuah suara keras menggelegar terdengar, menyusul percikan air yang mirip kabut besar menutupi pandangan. Dan begitu ‘kabut’ surut, Jendela Dwejra pun sudah menghilang tak kelihatan,” demikian cerita Roger kepada media.

Menteri Lingkungan Hidup Malta, Jose Herrera mengatakan, tak seorang pun mampu menyelamatkan konstruksi Jendela Dwejra.

‘Times of Malta’ melaporkan, menurut sebuah studi geologi pada 2013 disimpulkan bahwa Jendela Dwejra tidak menunjukkan gejala bisa runtuh dalam waktu dekat meskipun abrasi terus berlangsung.

Perdana Menteri Malta Joseph Muscat menulis dalam Twitter, “Malta bersedih akibat kehilangan Jendela Dwejra.” (Sinatra/rmat)

https://www.youtube.com/watch?v=egxvvJQSgPY

 

Share

Video Popular