Kesalahan yang seringkali pengguna lakukan ketika membeli sesuatu produk kecantikan adalah tidak peduli akan bahan kimia yang terkandung di dalam produk tersebut.  Kesalahan ini dapat membahayakan kesehatan dan juga menyebabkan efek samping yang negatif.

Berikut 6 bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam kebanyakan produk kecantikan. Setelah  ini, Anda menggunakan panduan ini sebelum membeli produk yang aman dan bermanfaat bagi diri Anda.

Butylated hydroxyanisole (BHA)

Bahan antioksidan BHA digunakan untuk menstabilkan komponen di dalam bahan make up. BHA dapat ditemukan di dalam produk seperti body lotion dan pelembab bibir. Namun, studi menemukan bahan kimia ini bisa mempengaruhi sistem endokrin bahkan ada beberapa ahli yang menyatakan BHA dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

DMDM Hydantoin

Bertindak sebagai pengawet yang memungkinkan produk seperti shampoo, body lotion dan mascara tahan lebih lama. Namun, bahan kimia ini dapat menyebabkan masalah kulit dan juga mata.

Bahan pewangi

Jika sesuatu produk yang Anda beli memiliki aroma seperti lemon, tidak semestinya ia terbuat dari lemon. Aroma tersebut sebenarnya diproduksi dari bahan kimia seperti phthalates. Bahan ini juga sering digunakan di dalam racun serangga yang bukan saja akan mencemari lingkungan tetapi juga menyebabkan alergi dan masalah pernapasan.

Paraben

Selalu digunakan di dalam produk body lotion dan berbagai lagi produk kecantikan yang lain, paraben berfungsi untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan jamur dan bakteri. Akan tetapi, paraben menjadi penyebab kanker payudara dan masalah hormon. Justru, pilih lah produk organik yang menggunakan bahan anti jamur alami seperti vitamin E dan asam sitrat.

Retinyl palmitate

Retinyl palmitate adalah bahan yang dihasilkan dari vitamin A. Menurut penelitian yang telah dilakukan, retinil palmitate merupakan bahan yang dapat menyebabkan tumor. Jadi, jika Anda ingin membeli produk seperti krim, lotion tubuh ataupun krim pelindung Matahari yang mengandung vitamin A, pastikan bahan kimia ini tidak terkandung di dalam produk tersebut.

Triethanolamine

Triethanolamine digunakan di dalam mascara dan lotion tubuh karena berfungsi menyeimbangkan nilai pH. Namun begitu, ia dapat menyebabkan peradangan dan juga implikasi kepada sistem pernapasan. Ada juga yang mengaitkan bahan kimia ini dengan kanker. (Erabaru.my/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular