Oleh: Xu Hui An

Baru-baru ini, beredar sepenggal video tentang “ ayam jumbo ” di dunia maya. Ayam jumbo ini terlihat berkeliaran di sekitar setelah keluar dari kandangnya.

Secara visual ayam ini diperkirakan sekitar 1 meter tingginya. Netizen menyebutnya jangan-jangan kerabat dinosaurus. Video terkait telah diklik sekitar 81 juta kali.

Dari tayangan video, terlihat sang ayam keluar dari kandangnya sambil berkokok keras dan berkeliaran di sekitar dengan gagahnya. Secara visual ayam raksasa ini diperkirakan sekitar 1 meter tingginya.

Melansir laman “Daily Mail”, video tersebut direkam di Kosovo. Ayam sejenisnya juga bisa disaksikan di Tiongkok dan India. Ayam Brahma dalam video ini bernama Merakli yang dimiliki oleh Fitim Sejfijaj dari Kosovo. Adalah raja dari semua unggas, dengan bobot sekitar 4.5 kg.

Ayam Brahma telah dikembangkan di Amerika Serikat, tapi ayam Brahma pertama diimpor dari Shanghai,sehingga dijuluki burung dari Shanghai,Tiongkok.

The Livestock Conservancy, sebuah organisasi yang memfokuskan diri pada keanekaragaman ternak mengatakan di Facebook, ayam Brahma ini dijuluki King of All Poultry atau raja dari semua unggas.

Menurut catatan, ayam induk brahma berat maksimalnya bisa mencapai sekitar 6 kg. Sementara Brahma jantannya sekitar 8 kg. Brahma berukuran besar, 2 kali lebih tinggi dari rata-rata ayam pada umumnya, dan di masa lalu, ayam ini merupakan spesies daging ayam utama di Amerika Serikat.

Video ini disebarluaskan oleh netizen, dan telah diklik sekitar 81 juta kali. Ada netizen yang berkomentar sambil tersenyum, “Ayam ini pasti piaraan nenek (maksudnya nenek paling pintar memberi makan anak-anak),  karena ayam ini sangat besar dari ukuran sejenisnya, sehingga ada netizen yang mengira itu adalah kostum ayam yang dikenakan manusia.”

Berikut videonya.

Share

Video Popular