- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Gara-gara Menggunakan Charger Ponsel Murah-meriah, Pria Ini Dikejutkan dengan Tragedi Menggemparkan dalam Hidupnya

Pria berusia 32 tahun dari Hunstville, Alabama, Amerika Serikat ini telah melalui pengalaman yang sangat menakutkan ketika iPhone 7 yang dibiarkan terisi saat dia sedang tidur tiba-tiba meledak dan mengalirkan sekitar 110 tegangan listrik ke badannya.

Wiley Day namun bersyukur karena tidak mengalami kehilangan nyawa ataupun perusakan harta akibat peristiwa tersebut.

[1]
Sumber: Wiley Day

Telah menjadi rutinitas hariannya pada setiap malam untuk mengisi iPhone 7 sambil menjelajahi media sosial sebelum tidur.

Perangkat charger ponsel favorit

[2]
Sumber: Mobile Fun UK

Pada malam kejadian, Wiley seperti biasa pengisian teleponnya dengan menggunakan pengisi daya 2 pin. Namun, rantai pengikat leher anjingnya telah terjatuh di antara steker listrik dengan perangkat charger yang rentan.

Apa yang terjadi keesokan paginya pasti akan menjadi peristiwa yang tidak bisa dilupakan oleh Wiley. Tidurnya telah dikejutkan dengan aliran listrik yang kuat sehingga membuat dia terjatuh ke lantai.

Mengapa ini terjadi?

Ternyata, kalung anjingnya yang terbuat dari logam menjadi konduktor ke aliran listrik tersebut dan memberikan kejutan kepadanya.

Segera setelah terjaga dari tidurnya akibat kejutan listrik tersebut, Wiley merasa sangat sakit pada seluruh badannya dan tidak mampu untuk bergerak. Namun, dia masih berupaya untuk berteriak meminta pertolongan dari anggota keluarganya yang masih nyenyak tidur.

Wiley juga dengan cepat telah mengalihkan rantai pada lehernya untuk menghindari terjadi lagi kejutan listrik. Karena rantai tersebut juga telah terbuat dari bahan logam, leher Wiley menderita luka bakar. Pada saat itu, terlihat selimutnya sudah berasap dan bajunya juga sedikit terbakar.

[3]

Sumber: Wiley Day

“Saya sadar saya baru saja tersengat listrik. Saya juga dapat merasakan rasa terbakar di dalam mulut saya.”

Selain itu, Wiley juga mengalami beberapa cedera yang cukup serius.

[4]

Sumber: img.buzzfeed.com

Berada dalam kesakitan, Wiley langsung segera ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan. Dari situ, dia dipindahkan ke Unit Perawatan Intensif Trauma Universitas Alabama dan diberikan perawatan luka bakar tingkat kedua dan ketiga pada leher, dada dan tangannya.

[5]

Sumber: Wiley Day

Selain itu, Wiley turut menerima pengobatan bagi jaringan di bahu kirinya yang robek. Jarinya juga masih memiliki efek dari rantai yang dipakainya.

[6]

Sumber: img.buzzfeed.com

Melalui wawancara yang dilakukan oleh WAAY-TV kepada Dr. Benjamin Berkas, 100 tegangan listrik yang mengalir ke dalam tubuh seseorang saja sudah mampu untuk membunuh individu tersebut. Akan tetapi, Wiley beruntung diberikan kesempatan hidup bahkan menerima sekitar 110 tegangan listrik.

Insiden pintasan listrik tersebut terjadi disebabkan oleh Wiley menggunakan pengisi daya listrik yang dibeli dari toko murah untuk pengisian teleponnya. Mengingat banyak orang menggunakan alat tersebut untuk pengisian, Wiley juga tidak berpikir panjang tentang bahaya yang bakal menimpa jika menggunakan peralatan listrik murah.

Dalam situs web Apple, mereka membuat pernyataan untuk hanya menggunakan aksesori yang dikonfirmasi oleh Apple untuk menghindari kejadian yang sama terjadi kepada Wiley berulang kepada pengguna iPhone lain.

Menurut Asosiasi Kebakaran Amerika pula, charger telepon yang murah telah menyebabkan sebanyak 4,700 kasus kebakaran setiap tahun terjadi yang melibatkan 50 kematian dan 280 kasus cedera.

Murah tapi berbahaya

[7]

Sumber: www.servprocentralauglaizehardinlogancounties.com

Menurut ahli perilaku di Sekolah Tinggi Alabama, Wiley kini sedang terlibat aktif dalam menyampaikan ceramah tentang pengalaman tersebut untuk mengingatkan individu lain tentang bahaya membiarkan telepon terisi sepanjang malam. (Elitereaders/Erabaru.com.my/asr)