Oleh: Chen Gang

Strokkur adalah air mancur atau geyser di daerah panas Bumi. Strokkur berada di Negara Islandia, tepatnya berada di samping Sungai Hvita, dan merupakan tempat wisata setempat yang terkenal.

Ini adalah salah satu geyser yang paling terkenal di Islandia. Geyser yang terkenal di negara tersebut selalu meletus setiap 6 sampai 10 menit sekali dengan ketinggian mencapai kira-kira 15-20 meter, bahkan 40 terkadang meter.

Geyser Geiser adalah sejenis mata air panas yang menyembur dari kerak bumi secara periodik, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Geiser terjadi ketika air tanah dipanaskan oleh batu-batu panas yang lama kelamaan mendidih.

Ketika air berubah wujud menjadi uap air, terjadi kenaikan tekanan disela-sela bebatuan. Geiser tersebut kemudian meletus, menyemburkan pancaran uap air dan air membumbung tinggi ke udara.

Pembentukan geiser bergantung kepada keadaan  pergerakan air tanah dan batuan di kerak bumi  yang hanya terdapat di beberapa tempat di Bumi, dan karena itu geiser adalah fenomena yang jarang ditemui. kadang-kadang semburannya membentuk pilar air setinggi puluhan meter.

Dari “letupan” ini kemudian air  kembali ke tahap agregasi untuk memulai siklus semburan lain.

Geiser “Old Faithful” salah satu yang paling terkenal di dunia. Geiser ini berada di Yellowstone National Park, Amerika Serikat, sementara di Islandia dan taman di utara New Guinea juga ada geiser.

Selain Geyser “Old Faithful”, dikenal juga geyser yang masih aktif dengan semburan tertinggi di dunia yaitu Geyser “Steamboat” yang juga berada di Yellowstone National Park.

Beberapa semburan geyser ini dapat mencapai ketinggian 122 meter di udara. Geyser ini telah meletus dan menyemburkan air panas mendidih sekitar 10 kali selama 20 tahun terakhir.

Sebelum geyser “Steamboat”, Geyser “Waimangu” di Selandia Baru dinobatkan menjadi geyser tertinggi di dunia karena semburannya yang spektakuler hingga 488 meter di udara. Namun sayangnya, tanah longsor yang terjadi disekitar celah geyser tersebut telah mengubah hidrologi Waimangu, sehingga geyser tersebut belum pernah meletus lagi sejak 1902. (erabaru.net/jhoni/rmat)

Share

Video Popular