Bagi kita yang terbiasa tinggal di hotel atau saat makan di restoran, di dalamnya pasti disediakan sampo, sabun cair, sabun batang dan semacamnya.

Barang keperluan sehari-hari ini biasanya tidak akan habis terpakai, tapi pernahkah terlintas dalam benak anda, apa yang akan dilakukan staf hotel terhadap barang kebutuhan sehari-hari bekas pakai para tamu hotel itu?

Jawabannya sangat mengejutkan ketika Shawn Seipler menanyakan hal ini pada staf hotel.

Pada 2008 lalu, Shawn ingat akan pertanyaan ini ketika check in di Hotel Minneapolis, Minnesota, AS. Ia bertanya pada staf hotel, “Bagaimana biasanya kalian menangangi sabun-sabun yang tak habis terpakai ini?”

Staf hotel menanggapinya dengan spontan, barang-barang bekas pakai itu akan dibuang, tetapi ketika mendengar jawaban ini, tiba-tiba terbersit dalam benak Shawn sebuah ide yang menakjubkan!

Kita tahu “rajin mencuci tangan” bisa menghindari banyak penyakit menular, tetapi konsep seperti ini masih belum umum di beberapa negara berkembang.

Ide Shawn adalah mengumpulkan sabun-sabun dan barang-barang produk kebersihan lainnya yang tidak habis terpakai ini, kemudian dilarutkan kembali, desinfeksi, dicetak dan dikemas, lalu dikirim ke Kenya, Haiti dan negara-negara lain yang membutuhkannya.

Di negara-negara ini, diare merupakan penyebab utama kematian anak-anak di bawah usia lima tahun, tetapi dengan adanya sabun-sabun ini untuk mencuci tangan, maka penyakit ini bisa secara efektif dicegah.

Sejak Shawn mendirikan sebuah organisasi non-profit bertema “Clean the World pada 2009 lalu, organisasinya telah bekerja sama dengan lebih dari 4.000 hotel, dan mendistribusi kembali lebih dari 40 juta batang sabun ke 115 negara!

Selain berencana mengirim sabun ke wilayah yang minim akan barang-barang kebutuhan sehai-hari ini, Clean the world juga bekerja sama dengan organisasi-organisasi non-profit lainnya, mendirikan “Global Soap Project”.

Tujuan mereka, selain mengirim barang-barang produk kebersihan, juga membina penduduk setempat tentang kebiasaan baik akan kebersihan, agar mereka dapat menyelamatkan hidup (terhindar dari penyakit seperti tersebut diatas) masing-masing dengan adanya kebersihan badan.

Di daerah itu, banyak dari mereka pertama kali mencuci tangan dengan sabun, dan ini adalah sesuatu yang unik bagi mereka. Siapa sangka barang-barang buangan dari hotel ini bisa mendatangkan nilai yang sangat berharga bagi mereka?

Ide Shawn ini benar-benar hebat dan sangat bermanfaat !

Di negara-negara berkembang, banyak sumber daya selalu disia-siakan, tetapi di negara-negara terbelakang atau negara-negara sedang berkembang, sumber daya ini amat sangat berharga. Cara konversi seperti ini bukan hanya dapat menghindari pemborosan, tetapi juga bisa menyelamatkan banyak nyawa. (jhoni/rp)

 

Share

Video Popular