Kadang-kala penemuan tentang sesuatu yang menakjubkan datang pada saat yang tidak diharapkan dan di tempat yang tidak diharapkan. Masih ingatkah tentang penemuan patung raksasa Firaun Ramses II yang ditemukan tertimbun di daerah padat dan sesak di Kairo?

Sebuah lagi penemuan terhebat dunia telah ditemukan di Pulau Örkény, di Skotlandia. Apa yang menarik karena pulau ini dikatakan telah terperangkap oleh badai kuat pada musim dingin pada tahun 1850.

Setelah kejadian badai tersebut, mereka terkejut melihat sebuah tempat yang pernah dihuni oleh manusia yang membentuk komunitas suatu ketika dahulu. Menyusul penemuan itu, para arkeolog mulai datang untuk mengetahui lebih lanjut.

Ditulis oleh Elitereaders, peneliti mengklaim, diperkirakan daerah tersebut telah ditempati oleh sekitar 50 sampai 100 orang lebih dari 4.500 sampai 5.100 tahun yang lalu. Sejak itu, daerah tersebut mulai digali, ditelusuri dan dinamakan Skara Brae.

Para ahli percaya bahwa Skara Brae merupakan pemukiman tertua di Inggris

Menurut ahli, daerah tersebut merupakan daerah yang pernah dihuni oleh manusia suatu ketika dahulu yang tertua di Inggris, lebih tua dari Oxford dengan jarak sekitar 4.000 tahun.

Mengingat tempat tersebut diselimuti oleh pasir selama ribuan tahun, Skara Brae telah dipelihara dengan sangat baik.

Selain itu, ia dianggap sebagai salah satu penemuan arkeologi terbaik di dunia

Seorang arkeolog Nick Card, yang merupakan direktur penggalian dari Institut Arkeologi di University of the Highlands and Islands, mengatakan bahwa Skara Brae merupakan sebuah penemuan arkeologi terbaik di dunia.

“Skara Brae telah dihuni sebelum piramida Mesir dibangun dan berkembang selama berabad-abad sebelum konstruksi dimulai di Stonehenge.” (Erabaru.com.my/asr)

 

Share

Video Popular