Oleh: Mo Li

Dalam sejarah munculnya manusia, sepeda yang kita kenal sampai sekarang telah berusia lebih dari seabad sejarahnya, dan seiring perubahan zaman. Kendaraan transportasi ini sekarang telah memiliki struktur dan beberapa model yang inovatif.

Kolelinia, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Bulgaria mengembangkan sejenis sepeda unik bernama “Halfbike” atau setengah sepeda. Sepeda roda tiga ini memiliki satu roda besar di depan dan dua roda kecil di belakang.

Untuk mengontrol arah tunggangan Anda harus menggerakkan badan kekiri atau ke kanan. Sepeda ini dapat dilipat untuk memudahkan Anda membawanya kemana-mana. Menuggang secara berdiri ini membutuhkan lebih banyak energi dan seterusnya membakar lebih banyak lemak.

Halfbike atau setengah sepeda yang dikembangkan perusahaan Kolelinia yang berbasis di Bulgaria ini adalah sejenis sepeda yang dikendarai dengan cara berdiri, sama sekali berbeda dengan sepeda konvensional yang kita kenal selama ini. (video screenshot)

Desain “setengah sepeda” ini mengharuskan anda mengendarainya secara berdiri. Pengendara sepeda ini tidak bisa duduk, dan mengerakan pedal secara berdiri. Pedal menggerakan roda bagian depan, sedangkan roda belakang digunakan sebagai kemudi.

Mengendarai sepeda roda 3 yang unik ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi pengendaranya., sepeda ini sepenuhnya dikendalikan badan anda saat mengendarainya, bukan hanya memegang kemudi dan menginjak pedal, jadi sepeda ini dapat melatih keseimbangan dan refleksi badan anda.

Untuk bisa mengendarai sepeda unik ini, awalnya tidak mudah dalam mengendalikannya. Anda perlu beradaptasi agar dapat mengendarainya dengan baik. Sebagian besar orang sudah menguasai cara berjalan lurus setelah belajar sekian puluh menit. Dan setelah benar-benar menguasainya, sepeda unik ini bisa melaju dengan cepat dan lancar.

Kelebihan dari “setengah sepeda” ini terutama karena ringan, mudah dibawa, dan tidak akan banyak makan tempat. Frame halfbike terbuat dari aluminium berkualitas. Beratnya hanya 8.5 kg. Hanya ada 1 handle rem (untuk roda belakang) yang terletak di bagian kanan handlebar. Anda bisa melipatnya dan dimasukkan ke bagasi mobil atau menggunakannya untuk komuter ataupun sekedar aktifitas olahraga.

“Setengah sepeda ini dikendarai secara berdiri, sehingga sudut penglihatan relatif lebih tinggi, dan memberi sensasi sudut pandang baru, untuk melihat lingkungan sekeliling,” kata Kolelinia.

Perusahaan mengatakan, “Kami ingin Anda bisa menjelajahi medan penglihatan baru, dan menikmati sepuasnya, kami sangat percaya ‘setengah sepeda’ dapat mencapai tujuan ini.”

Berdasarkan tinggi pengguna, “setengah sepeda” ini dibagi dalam 3 ukuran ukuran S, M, L. Namun, batas maksimum untuk bobot pengguna adalah 95 Kg. Untuk saat ini tersedia dalam 5 pilihan warna, sementara dari sisi harga dibanderol sekitar US 599 dolar,  atau sekitar Rp.8 juta kurs April 2017. (ET/erabaru.net/jhoni/rp)

 

Share

Video Popular