- Erabaru - http://m.erabaru.net -

Pertunjukan Bayangan Cahaya Interaktif di Restoran Jepang, Menikmati Hidangan Berkualitas Sambil Melihat Virtual Pemandangan Alam

Oleh: Mo Li

TeamLab, sebuah tim seni digital terkenal di Jepang, merancang pertunjukan cahaya interaktif yang unik di sebuah restoran di Sagaya, Tokyo.

Mereka menyajikan pengalaman virtual pemandangan alam dengan memproyeksikannya melalui instalasi dari teamLab. Pengunjung bisa menikmati makanan berkualitas sambil merasakan sensasi pemandangan interaktif yang menampilkan suasana bervariasi lewat aneka karya proyeksi mereka.

Restoran ini memiliki keunikannya tersendiri, yaitu hanya melayani delapan pengunjung sehari, dan menyajikan pengalaman virtual pemandangan alam dengan memproyeksikannya melalui instalasi dari teamLab yang memberikan pengalaman bersantap yang sangat langka bagi pelanggan.

Dalam proyeksi yang ditampilkan di restoran tersebut, para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan alam di sekitar mereka menjadi hidup, yang bergerak begitu hidangan diletakkan di atas meja, juga dari gerakan pengunjung itu sendiri.

[1]

Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam di sekitar mereka menjadi hidup, yang bergerak begitu hidangan diletakkan di atas meja, juga dari gerakan pengunjung itu sendiri. (video screenshot)
[2]
“TeamLab”, sebuah tim seni digital asal negeri Sakura Jepang menciptakan pertunjukan cahaya interaktif, membuat para pengunjung di sebuah restoran Sagaya, Tokyo ini bisa menikmati hidangan berkualitas sambil merasakan sensasi pengalaman virtual pemandangan alam. (video screenshot)

Misalnya, jika ada gambar kupu-kupu di piring, maka bayangan cahaya dari kupu-kupu yang menari-nari (terbang) di udara itu akan diproyeksikan ke atas meja, tampak seperti hidup dan benar-benar mengesankan.

Contoh lain misalnya, jika ada gambar burung di piring, maka bayangan cahaya burung yang terbang akan diproyeksikan ke udara dan burung ini mungkin akan bertengger di atas dahan pohon yang diproyesikan ketika hidangan lain disajikan di atas meja.

Dalam pertunjukan ini, ukuran dan bentuk obyek yang diproyeksikan juga dipengaruhi oleh makanan lainnya, sehingga lingkungan sekitar akan terus berubah dan mencerminkan perubahan musim.

Selain itu, obyek yang diproyeksikan juga dipengaruhi oleh perilaku pengunjung. Jika Anda dalam keadaan diam tidak bergerak, burung-burung mungkin akan bertengger di tangan Anda, dan jika Anda tiba-tiba bergerak, maka burung itu mungkin akan terbang menjauh.

Restoran ini menyediakan total 12 menu masakan, diantaranya sayuran musiman dan daging sapi, tapi menunya akan selalu berubah setiap bulan.

Tahun lalu, “TeamLab” menciptakan pelita gantung yang unik dalam sebuah pameran di Paris, Perancis. Lampu-lampu ini terdiri dari pelita gantung interaktif yang tak terhitung banyaknya.

[3]

Lampu atau pelita gantung ini akan bersinar ketika seseorang mendekatinya, dan sebagai titik awal, lampu gantung ini memancarkan cahaya yang disebarkan pada ke dua lampu gantung lain, dan begitu terus secara berkesinambungan.

Jika orang terkait pindah posisi, atau ada orang laibn mendekati lampu-lampu gantung itu, maka interaksi dari lampu gantung tersebut akan lebih kompleks, segenap lampu gantung akan berubah-ubah dan tentunya sangat menyilaukan mata. (jhoni/rmat)