Bom yang disebut Tsar Bomba dari Rusia: Ketika diledakkan di tahun 1961, bom itu melepaskan tenaga yang sebanding dengan 50 juta ton TNT. Pada tanggal 30 Oktober 1961, Uni Soviet (Rusia) meledakkan bom nuklir Tsar Bomba di Kepulauan Novaya Zemlya, di bagian Utara Rusia.

“Ini adalah suatu alat penghancur terkuat yang pernah diciptakan (dan pada saat yang sama bertanggung jawab atas ledakan nuklir terbesar dalam sejarah). Dikenal dengan nama Tsar Bomba, senjata nuklir yang di desain oleh Uni Soviet ini mempunyai kekuatan penghancur 10 kali lipat dari semua alat peledak umum yang digunakan dalam Perang Dunia 2 digabungkan jadi satu, dan 3.000 kali lipat lebih kuat daripada bom atom yang telah menghancurkan Kota Hiroshima.

Dengan berat 27 ton metrik, Tsar Bomba adalah bom yang sangat berat, diperlukan sebuah pesawat yang dimodifikasi khusus untuk membawanya ke tempat peledakan.

Saat itu adalah tanggal 30 Oktober 1961, ketika akhirnya bom ini dijatuhkan dari ketinggian 10,5km di atas sebuah pulau terpencil di Samudera Arktik. Karena senjata nuklir ini luar biasa kuat, untuk memperlambat jatuhnya bom ini ke Bumi, sebuah parasut dipasangkan pada bom tersebut, supaya ada waktu bagi kru pengebom untuk bergerak ke tempat yang aman dari ledakan.

Ketika diledakkan, bom tersebut mengeluarkan energi yang sebanding dengan 50 ton bahan peledak TNT, dan membuat sebuah bola api raksasa yang bisa dilihat dari jarak 800 km lebih. Bom ini menghancurkan segalanya yang berada dalam radius 35,5 km dan memecahkan jendela-jendela di Norwegia dan Finlandia yang berjarak lebih dari seribu kilometer jauhnya.(spiritegg.com/Julius/Yant)

Share

Video Popular