Oleh: Lin Yan

Ketegangan di Asia Timur Laut yang terus memanas karena Korut kembali meluncurkan rudalnya pada 16 April lalu sepertinya dapat memicu terjadinya perang.

Ada yang khawatir dapat menyebabkan Perang Dunia III, dan berada diujung perang nuklir. Jika terjadi, mungkin anda bisa merasakan suasana yang nyaman jika memiliki bunker nuklir yang mumpuni dan mewah ini.

Melansir laman “Mirror,” seiring dengan semakin kuatnya indikasi perang di semenanjung Korea, maka bagi para miliarder yang khawatir terjadi perang nuklir, dimana jika ingin mencari bunker nuklir yang mampu menahan serangan nuklir, maka anda bisa pertimbangkan bunker mewah di bawah tanah yang diluncurkan tahun 2015 di Savannah, Georgia, AS.

Ketika itu, bunker ini ditawarkan dengan harga $17.5 juta atau sekitar Rp232 miliar. Dapat menahan ledakan nuklir seberat 20 kiloton.

Ketegangan di Asia Timur Laut terus memanas, ada yang khawatir akan menyebabkan Perang Dunia III, dan jurang perang nuklir. Saat seperti ini, mungkin anda bisa merasakan suasana nyaman jika memiliki bunker nuklir yang mumpuni (seperti tampak pada gambar di atas) (Video screenshot YouTube)

Bunker ini dibangun di atas tanah seluas 32 hektar dan 45 kaki di bawah tanah, bunker ini dilengkapi dengan berbagai ruangan layaknya tempat tinggal mewah, seperti penghangat dan pendingin ruangan, kamar mandi, dapur, kamar tidur, ruang keluarga hingga 4 apartment kecil. Bunker ini memiliki dua lantai bawah tanah, yang total luasnya sekitar 14.000 kaki persegi.

Fasilitas bunker dapat mencegah berbagai potensi ancaman, termasuk bencana alam, kerusuhan, dan serangan teroris. Bunker bawah tanah ini menawarkan dinding setebal tiga kaki, sistem udara, ruang perawat, sistem CCTV senilai US$ 100.000 atau senilai Rp 1,3 miliar. Bahkan ada fasilitas kamar mandi untuk dekontaminasi sendiri.

Properti unik ini dibangun pada 1969 oleh korps tentara dan insinyur. Pada 2012, bunker itu sepenuhnya direnovasi, membawanya sampai standar pemerintah. Bunker bawah tanah ini hanya dimiliki oleh perseorangan di Amerika Serikat.

Chris Salamone, co-pemilik Bastion Holdings, sebuah perusahaan pelatihan untuk pegawai pemerintah dan keamanan, mengatakan, “Kita hidup di dunia yang semakin berbahaya. Properti ini menawarkan surga perlindungan utama untuk setiap keluarga, pebisnis atau anggota pemerintah yang ingin mendapatkan keamanan dan kenyamanan.

Sementara itu, Martin McDermott, CEO dari Bastion Holdings dan ahli kontra-terorisme, pengawasan dan komunikasi, menambahkan, “Fasilitas ini tidak bisa ditembus, dan memenuhi standar tertinggi untuk kualitas, kenyamanan dan keamanan.” (jhoni/rp)

Share

Video Popular