Meriam atom, dengan ukuran 280 mm, adalah senjata artileri nuklir bergerak terbesar, yang dibuat oleh Amerika Serikat. Pada tanggal 25 mei 1953, sebuah meriam  berdiameter 280mm menembakkan peluru nuklir sejauh 11 km di tempat iji coba Nevada. Ada dua puluh meriam seperti ini yang diproduksi, namun tidak satupun yang digunakan dalam peperangan.

Konsep dari senjata artileri nuklir muncul di kalangan tentara pada tahun 1940. Kenyataan pada saat itu bahwa bom atom adalah sangat besar, terlalu besar sehingga hanya dapat ditembakkan dengan menggunakan meriam yang diameternya sebesar lingkaran akrobat sirkus.

Senjata artileri bergerak yang dimiliki oleh Amerika Serikat saat itu adalah M1 “Naga Hitam”, dengan diameter 240 mm. Senjata ini mempunyai laras sepanjang 43,5 m dan bisa menembakkan peluru seberat 163 kg sejauh 228,5 m. Memang besar, namun masih belum cukup besar. Bom yang dijatuhkan di Hiroshima pada tahun 1945 adalah sangat besar (4,4 ton) dan harus dibawa oleh empat pesawat pengebom .

Atomic Annie

Sebuah peluru atom, yang diberi julukan ‘Atomic Annie’ , adalah sebuah peluru berhulu ledak jenis W9; lebarnya 28 cm, panjangnya 140 cm, dan beratnya 364 kg. Peluru ini diperkaya dengan senjata uranium seberat 50 kg, yang disusun dalam sebuah pengaturan sistem ‘cincin dan peluru’, yang akan bertumbukan ketika peluru tersebut ditembakkan dan membuat peluru ini memulai reaksi berantai sekuat 15 kiloton ketika menghantam sasaran. Ini adalah ledakan yang sama kuat dengan bom Hiroshima, namun ukurannya lebih kecil.

Cukup lima orang kru terlatih, sudah bisa mempersiapkan senjata ini dari manapun, meangktifkannya, dan kemudian menembakkan sebuah peluru berhulu ledak nuklir ke sasaran yang jaraknya 29 km, kemudian mempersiapkan lagi satu peluru lain yang siap ditembakkan hanya dalam 30 menit saja!

Di tanggal 25 Mei 1653, satu-satunya peluru W9 yang dibuat, ditembakkan di Frenchman Flats, Nevada. Peluru ini meledak pada jarak 10 km setelah ditembakkan hanya 19 detik saja. Gambar yang mengerikan dari hasil uji coba senjata ini dikirimkan ke seluruh dunia. Keseluruhan proses pembuatan senjata ini, mulai dari sketsa sampai benar-benar diledakkan, hanya memakan waktu kurang dari 5 tahun.( spiritegg.com/Julius)

Share

Video Popular