Linda Bannon, 37, and putranya Timmy dari Chicago, Amerika Serikat,  terlahir dengan sesuatu yang mirip: keduanya terlahir tanpa lengan.

Baik Linda maupun Timmy terlahir dengan sindrom ‘Holt-Oram’, suatu kelaianan gen langka yang menyebabkan lengan seseorang menjadi abnormal (atau dalam kasus ini, kekurangan lengan), serta kelainan pada jantung.

Karena Linda telah menjalani hidup sepanjang waktu dengan menggunakan kedua kaki untuk melakukan segala aktivitas, dia sangat paham akan kondisi putranya Timmy. “Saya rasa ada ikatan yang lebih khusus antara saya dengan dia [Timmy] daripada ikatan Ibu dan anak yang lain,” kata Linda. Walaupun Linda terlahir tanpa lengan, orang tuanya memperlakukan dia sama seperti keempat saudara kandungnya yang lebih muda.

(Foto : Youtube Screenshot | Barcroft TV)

“Saya selalu diminta untuk melakukan pekerjaan rumah tangga dan ikut dalam segala kegiatan keluarga sama seperti anak-anak yang lain,” kata Linda. “Saya hanya perlu beradaptasi dan belajar bagaimana menggunakan kedua kaki untuk melakukan semua hal yang umumnya dilakukan orang dengan menggunakan tangan.”

Walaupun dia punya lengan buatan yang dibuat secara khusus untuknya di usia 5 atau 6 tahun, dia tidak suka menggunakannya, dan memilih untuk menggunakan hanya organ tubuh aslinya. Namun, dia terus bertahan walaupun hidup tanpa lengan, dan berhasil lulus sekolah. Dia menikah pada tahun 2004, dan segera mengandung tidak lama kemudian. Dia diberitahu oleh dokter bahwa anaknya juga akan tidak memiliki lengan.

(Foto : Youtube Screenshot | Barcroft TV)

“Karena mereka melihat tidak adanya lengan, dan ada kelainan pada jantung, mereka berkata bahwa itu adalah indikasi dari sindrom Holt-Oram,” kata Linda menjelaskan. “Awalnya, tentu saja kami sangat terkejut. Tidak ada satupun orang tua yang mau menerima kabar bahwa anak mereka akan mengidap kelainan yang akan mempengaruhi dirinya seumur hidup. Namun, setelah tahu bahwa saya juga telah menjalani hidup tanpa lengan dan merasa baik-baik saja sampai saat ini, maka saya sama sekali tidak khawatir akan kondisi lengannya, yang menjadi perhatian adalah kondisi jantungnya.”

Putra Linda, Timmy lahir pada Mei 2005, dan ketika usianya baru 8 hari, dia harus menjalani operasi bedah jantung. Kemudian dia menghabiskan waktu di ruang ICU selama 2 bulan.

(Foto : Youtube Screenshot | Barcroft TV)

Kini, Timmy berusia 12 tahun, dan dia menjalani hidup bahagia sama seperti Ibunya. Dia menikmati segala aktivitas fisik, dan juga mempunyai kehidupan dan pergaulan sosial yang baik.

“Belum lama ini, dia mempunyai julukan sebagai Tn. Presiden karena suka berhubungan dengan orang lain, berbicara dengan mereka.” Kata Linda. “Dia sama sekali tidak merasa malu dalam kehidupan sosialnya, jadi itulah sebabnya dia mendapat julukan itu.”

“Dia suka berada di luar rumah, sangat suka melakukan banyak aktivitas fisik,” kata Ibunya. ”Berenang, mengendarai sepeda yang dimodifikasi – ketika kami memberinya sepeda itu, dia sangat senang karena itu artinya dia bisa bermain sepeda bersama teman-temannya.”

(Foto : Youtube Screenshot | Barcroft TV)

Ibunya telah mengajarkan bagaimana caranya melakukan banyak hal dengan menggunakan kaki, walaupun terkadang dia memilih untuk melakukan sesuatu dengan caranya sendiri.

(Foto : Youtube Screenshot | Barcroft TV)

“Kami tertawa, karena ketika saya membantunya, dia akan berkata, ‘Ibu melakukan dengan cara yang sulit,’” kata Linda. “Saya rasa hal itu lucu, kemudian saya berkata kepadanya; ‘karena saya sudah melakukan pekerjaan dengan kaki, lalu mengapa kamu perlu sepeda?’” Itu adalah kepribadiannya sejak lahir. Pada salah satu kunjungan pertama dokter kami, dokter juga berkata “Anak Anda sangat keras kepala, saya rasa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya,” kata Linda menjelaskan. “Kami sama-sama keras kepala.”

Kini Timmy melakukan semua kegiatan sehari-hari dengan kakinya, segalanya dari berdandan, membuat suatu karya seni, bahkan sampai bermain video game.

(Foto : Youtube Screenshot | Barcroft TV)

Duo Ibu dan anak ini, pertama kali tampil di televisi di tahun 2010, ketika mereka muncul di ABC Chicago. Linda berkata bahwa dia akan terus membagikan kisah hidupnya, jika hal itu bisa menginspirasi orang lain.

(Foto: Linda Banon)
(Foto: Linda Banon)

“Saya rasa hal itu benar-benar bisa menunjukkan semangat manusia,” katanya. “Akan ada banyak orang yang melihat kami dan berpikir, ‘Bagaimana mungkin orang dengan kondisi seperrti itu bisa melakuakn hal-hal yang telah mereka lakukan?’ Dan kemudian hal itu akan memberi harapan serta semangat kepada orang-orang dalam kondisi apa pun. Selama mereka masih mempunyai sikap yang positif dalam hidup, mreka akan mampu melakukan apa pun.”(NTDTV/Julius)

Share
Tag: Kategori: VIDEO

Video Popular