Oleh: Luo Dongping

Erabaru.net. Banyak orang memelihara anjing sebagai hewan peliharaan. Sementara di Inggris seorang wanita berusia 48 tahun memelihara anjing yang telah menjadi penyelamatnya. Anjing tersebut bisa mengendus kanker pada payudara kirinya dan memberi peringatan kepadanya sehingga dia segera berobat dan dapat hidup dengan sehat.

Wanita Inggris, Allison Powell empat tahun yang lalu telah mulai memelihara anjing Labrador  yang diberi nama Missy. Hubungan mereka satu sama lain sangat baik. Beberapa bulan kemudian, Missy tiba-tiba berperilaku tidak normal, selalu dengan hidungnya mengendus payudara kirinya, juga dengan cakarnya menyentuh payudaranya. Sikapnya berubah, dia yang biasanya lincah sekarang sering dengan linglung memandang keluar jendela.

Powell berpikir Missy sakit, tetapi setelah diperiksa oleh dokter hewan tubuhnya sangat normal, jadi Powell sangat bingung, berpikir bahwa mungkin Missy ingin mengatakan sesuatu padanya.

Sampai saat dia pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan rutin, menemukan dirinya menderita kanker payudara dini, dia baru menyadari keanehan Missy selama ini, rupanya Missy ingin memperingatinya segera berobat ke dokter.

Powell segera mendapatkan pengobatan, reseksi tumor, setelah keluar dari rumah sakit, tubuh secara bertahap menjadi pulih, Missy kembali menjadi lincah seperti dahulu lagi, sering dengan senang hati mengibaskan ekornya, tetapi juga tetap melakukan perbuatannya dalam beberapa bulan terakhir ini, yaitu setiap pagi mengendus tubuh Powell dari atas sampai ke bawah untuk “mengeceknya”.

Powell sangat berterima kasih kepada anjing kesayangannya yang telah menyelamatkannya, dan dia akan menggunakan lebih banyak cinta sebagai balasannya

Penciuman anjing sangat tajam, telah ada beberapa kasus anjing dapat mengendus penyakit. Pada tahun 2010 di Inggris  di jurnal medis ” Gut” telah menerbitkan hasil penelitian di Jepang ada seekor Labrador yang yang sangat terlatih yang diberi nama “anjing pengendus kanker “, dapat mengambil keuntungan dari indera penciuman untuk memastikan pasien kanker kolorektal, akurasi lebih dari 90%.

Anjing pelatihan sebelumnya, di Inggris telah mulai melatih anjing merawat pasien diabetes, memperingatkan ketika terjadi gula darah rendah pada pasien diabetes. (chris/rp)

Sumber: The Epoch Times

Share

Video Popular