Erabaru.net. Ia tidak pernah lupa dengan tuannya sendiri. Banyak kisah tentang anjing yang selalu terkenang dengan tuannya. Sebenarnya bisa berlangsung berapa lama daya ingat anjing terhadap semua yang pernah dilaluinya terutama kenangan bersama dengan tuannya?

Menurut penelitian, bahwa sebagian daya ingat anjing terhadap pemilik dan tempat tinggalnya itu sangat kuat, meskipun tanpa sengaja hilang, tapi anjing masih bisa kembali ke sisi tuannya mengandalkan ingatan dan indra penciumannya.

Baru-baru ini, seekor anjing pemandu tunanetra di Jepang sanggup membuat orang-orang menangis haru. Pasalnya ekspresi anjing pemandu ini benar-benar sangat menyentuh ketika pertama kali bertemu kembali setelah 11 tahun berpisah dengan keluarga Sato yang merawatnya dulu.

Tokoh dalam cerita ini adalah anjing pemandu tunanetra bernama Oliver. Oliver mulai meninggalkan tugasnya sebagi pemandu tunanetra saat berusia 10 tahun, dan kembali ke statusnya sebagai anjing Labrador biasa.

Anjing pemandu akan pensiun setelah berusia 10 tahun.

Mengetahui kabar tentang Oliver yang akan segera pensiun dari tugasnya sebagai anjing pemandu, keluarga Sato yang merawat Oliver sebelum usia satu tahun ketika itu tidak sabar ingin segera menyambut Oliver pulang ke rumah.

Berjumpa kembali dengan Oliver setelah 11 tahun berpisah. Sekeluarga Sato sangat berharap Oliver kembali ke rumah, dan mereka yang akan merawat sisa hidup Oliver.

Masalahnya, Oliver sudah meninggalkan rumah tuannya selama hampir 11 tahun, pemilik keluara yang merawat Oliver sejak kecil khawatir apakah Oliver masih bisa menyesuaikan dirinya dalam keluarga mereka? Dan apakah Oliver masih ingat dengan keluarga Sato?

Sarung tangan yang suka dibuat mainan oleh Oliver sejak kecil ini masih disimpan oleh Nyonya Sato.


Akhirnya saat pertemuan itu pun tiba, relawan membawa Oliver ke mobil, siap menuju ke rumah yang pernah ditinggali Oliver 11 tahun silam. Sarung tangan yang paling suka dibuat mainan oleh Oliver sejak usia 1 tahun, masih disimpan Nyonya Sato dengan rapi, dan mungkin ia juga sangat merindukan pertemuan kembali setelah 11 tahun berpisah dengan Oliver.


Apakah Oliver tahu kalau ia akan kembali ke rumah lamanya dulu?

Relawan membawa Oliver naik ke mobil, saat itu, Oliver belum tahu kalau ia akan dibawa ke sebuah tempat yang tidak asing lagi baginya.

Dan sepertinya Oliver telah tahu kemana relawan itu akan membawanya, Oliver tampak begitu bersemangat dan gembira ketika melihat Nyonya Sato menunggu di depan rumah.

Dan seketika Oliver melesat berlari menuju keluarga yang sangat dikenalnya 11 tahun yang lalu.

Ketika Oliver kembali ke rumah masa kecilnya itu, dengan manja ia menelungkup ke kaki Nyonya Sato dan dengan gembira mengibas-ibas ekornya dengan kencang, ternyata kenangan masa kecilnya masih terukir kental dalam ingatan Oliver.

Suasana yang mengharukan itu seperti menyambut kerabat yang baru pulang setelah bertahun-tahun meninggalkan kampung halaman.

Oliver menelungkup di kaki Nyonya Sato dengan manja.

“Ini adalah tindakan yang paling sering dilakukan Oliver sejak kecil, kata Nyonya Sato.

Oliver tampaknya sangat akrab dengan tempat itu, bukan saja masih ingat dengan raut wajah tuannya, tapi juga ingat dengan suasana rumah, dan sarung tangan bisbol yang paling disukai Oliver semasa kecilnya.

Relawan yang ada di tempat ketika itu ikut hanyut dalam suasana haru mengetahui Oliver yang masih ingat dengan segala isi dalam rumah yang pernah ditingalinya semasa kecil.  Sungguh mengharukan melihat detik-detik pertemuan mereka.

Selama hidupnya, Oliver telah mengabdikan dirinya sebagai pemandu tunanetra, dan 10 tahun kemudian kembali lagi ke masa kecil tempatnya dibesarkan dulu.

Benar-benar mengharukan kesannya terhadap nyonya Sato, tuannya semasa kecilnya dulu itu ternyata masih terukir kental dalam ingatan Oliver. (jhoni/rp)

Share

Video Popular