Erabaru.net. Baru-baru ini, Wakil Menteri Keamanan Publik Tiongkok Fu Zheng-hua menjadi topik yang menjadi perhatian dunia luar.

Sumber mengatakan, bahwa ketika mantan Kepala Keamanan Dalam Negeri Tiongkok Zhou Yongkang akan melancarkan kudeta, ia mencoba berusaha membunuh Presiden Xi Jinping.

Namun, sebelum terlaksana, Fu Zheng-hua melaporkan secara rahasia kepada Xi Jinping, sehingga pemimpin tertinggi Tiongkok itu dua kali lolos dari rencana pembunuhan oleh Zhou Yongkang. Dan Zhou Yonkang pun ditahan setelah konspirasinya gagal total.

Sebelumnya media berbahasa Mandarin di luar negeri seperti dikutip dari sumber yang dekat dengan Zhongnanhai (semacam Gedung Putihnya Tiongkok) mengatakan, bahwa pasca ditangkapnya Bo Xilai, Zhou Yongkang berencana melancarkan kudeta dan membunuh Xi Jinping untuk melindungi dirinya.Zhou Yongkang setidaknya pernah dua kali mencoba membunuh Presiden Xi Jinping.

Pertama meletakkan bom waktu di ruang konferensi. Kedua mencoba menyuntikkan jarum beracun ketika Xi Jinping sedang medical check-u di rumah sakit militer 301.

Namun, dua kali percobaan pembunuhan itu berhasil digagalkan Xi Jinping setelah sebelumnya mendapat laporan rahasia dari Fu Zhenghua, yakni Wakil Menteri Keamanan Publik Tiongkok.

Laporan terkait menuturkan, bahwa Zhou Yongkang yang merasa azabnya akan segera tiba, lalu merencanakan pembunuhan terhadap Xi Jinping, namun, Fu Zheng-hua mendapatkan informasi terpercaya kemudian melapor ke Xi Jinping, sehingga Xi lolos dari maut, dan konspirasi Zhou Yongkang akhirnya gagal.

Sejak itu, Xi Jinping memperkuat investigasi kriminal terhadap Zhou Yongkang, Dan tak lama kemudian, Zhou segera dipecat. Pada 29 Juli 2014, pemerintah Beijing mengumumkan bahwa Zhou Yongkang diduga melakukan  “pelanggaran serius”, dan diperiksa Komisi InspeksiDisiplin.

Zhou Yongkang merupakan pejabat dengan level tertinggi Partai Komunis Tiongkok/ PKT yang diperiksa dalam beberapa dekade terakhir ini.

Sebelumnya sejumlah media melaporkan, bahwa sejak kongres ke-18 PKT hingga sekarang, Xi Jinping setidaknya mengalami enam kali pembunuhan berencana, dan setelah diselidiki lebih lanjut kasus kejahatan itu dilakukan oleh staf internal.

Versi lain mengatakan bahwa Fu Zhenghua juga sangat dipercaya oleh Zhou Yongkang ketika itu, karena itu ia diberitahu tentang rencana pembunuhan tersebut.

Fu Zhenghua yang menyadari situasinya serius kala itu tidak berani terlibat lebih dalam, kemudian membocorkan rahasia itu pada Xi Jinping. Tak lama kemudian Xi Jinping menciduk Zhou Yongkang.  (Zeng zhen /Zhao Yun/jhoni/rp)

Sumber: NTD.TV

Share

Video Popular