Oleh: Li Wenlong

Erabaru.net. Upacara pelepasan jenazah mantan Menlu Partai Komunis Tiongkok/ PKT, Qian Qichen diadakan di Kompleks Pemakaman Babaoshan Revolutionary Cemetery di barat Beijing, Kamis, (18/5/2017) waktu setempat.  Lokasi luar dan dalam kompleks pemakaman tampak dijaga ketat oleh polisi.

Xi Jinping dan tujuh Anggota Komite Tetap Politbiro sekarang serta mantan Presiden Tiongkok Hu Jintao tampak hadir dalam upacara tersebut. Sementara Jiang Zemin yang dirumorkan sekarat dan tewas tidak tampak dalam upacara perpisahan itu. Beberapa analis menuturkan bahwa Jiang Zemin akan tewas kapan saja.

Semasa sakit dan pasca kematian Qian Qichen, Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Li Keqiang, Zhang Dejiang, Yu Zhengsheng, Liu Yunshan, Wang Qishan, Zhang Gaoli, Jiang Zemin, Hu Jintao dan tokoh elite PKT, menjenguk Qian Qichen di rumah sakit atau menyatakan belasungkawa kepada keluarga almarhum melalui berbagai saluran.

Meskipun nama Jiang Zemin ada dalam daftar perkabungan, namun, orangnya tidak hadir di tempat upacara pelepasan jenazah, demikian sebut Xinhua News Agency, media milik pemerintah Tiongkok.

Informasi kematian mantan Menlu Tiongkok Qian Qichen dikeluarkan oleh otoritas di Beijing pada 10 Mei 2017.  Sehari menjelang kematiannya, kabar tentang Jiang Zemin yang sekarat di Rumah Sakit Huashan, Shanghai beredar luas di internet.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa Jiang Zemin telah meninggal karena sakit di Rumah Sakit Huashan, jalan-jalan di sekitar rumah sakit di perketat, dan sejumlah besar kuli tinta menunggu di luar rumah sakit.

Pihak berwenang tidak merespon positif rumor tentang Jiang Zemin yang sekarat. Tapi dalam waktu kurang dari 48 jam, nama Jiang Zemin muncul di official account atau WeChat public di sebuah sekolah di Shanghai dan media resmi, mengkonfiramasi bahwa makna kematian Jiang Zemin itu sangat kental.

Dalam wawancara eksklusif yang dirilis Secretchina.com, Rabu (17/5/2017) lalu, generasi baru kedua Luo Yu mengatakan, Jiang Zemin sekarang belum mati, tapi diperkirakan kondisi kesehatannya semakin memburuk, “hanya sisa napas terakhir”.

Jiang Zemin yang sudah berusia lebih dari 90 tahun kapan saja akan mati, dipastikan ekor kelinci tidak akan tumbuh lagi (Kiasan untuk menggambarkan orang jahat yang memanfaatkan kekuasaan-tapi sudah lemah dan tidak akan bertahan lama lagi).

Luo Yu mengatakan bahwa Xi Jinping tidak peduli dengan hidup mati Zemin, sementara personil yang ditempatkan Jiang dalam kongres ke-19 PKT juga tidak punya pengaruh apapun.

Yang paling peduli dengan keadaan Jiang Zemin adalah “aliansi mereka untuk menjatuhkan Xi Jinping”. Karena dalam tubuh PKT saat ini masih ada sebagian kekuatan, dan oknum-oknum ini tidak ingin Jiang Zemin tewas saat ini. (jhony/rp)

Sumber: Secretchina

Share

Video Popular