Erabaru.net. Di Kota Apaseo el Alto, negara bagian Guanajuato, Meksiko, terdapat banyak mata air yang dikenal dengan nama Cañada. Salah satu mata air ini sangat melimpah dan menyerupai kristal. Sebuah dokumentasi membuktikan bahwa pada masa pra-Hispanik ada persembahan penduduk asli Meksiko untuk beberapa dewa, di sana.

(Foto: Mitosmonstruosyleyendas.blogspot.mx)

Saat Spanyol menjajah Meksiko, dilakukan perluasan untuk area pemukiman di daerah tersebut. Sehingga pemerintah kolonial Spanyol mengharuskan terciptanya saluran air yang dikenal sebagai “El Tajo”. Pertumbuhan penduduk yang meningkat membuat kebutuhan air juga ikut meningkat, yang akhirnya berdampak negatif terhadap kesehatan ekosistem. Saat itulah legenda Chan dimulai.

(Foto: .americat.cat)

Sejak itu banyak orang mengatakan telah melihat makhluk aneh di wilayah pemukiman di Meksiko, beberapa berpendapat bahwa itu adalah makhluk asli yang mendiami daerah tersebut, dan merasa terganggu karena tempat tinggalnya mulai diusik dan dijadikan sebagai wilayah pemukiman manusia. Ada banyak sekali kisah tentang Chan ini.

Menurut kisah terbaru, ada tiga pria yang sedang mabuk. Mereka memutuskan untuk menunggu untuk melihat ‘Chan’  di malam hari. Sambil meminum alkohol, mereka menunggu makhluk itu beberapa malam sampai akhirnya mereka bisa melihatnya. Hal yang menakjubkan dari cerita ini adalah masing-masing dari mereka mengatakan hal yang berbeda – beda ketika diminta menjelaskan wujud dari Chan.

(Foto: Youtube)

Orang pertama mengatakan bahwa dia melihat seekor kambing, orang kedua mengatakan bahwa dia melihat seorang manusia yang berbulu, sementara orang terakhir mengatakan Chan adalah iblis dengan tentakel. Hingga saat ini, belum dipastikan bagaimana wujud dari makhluk yang diberi julukan  Chan  tersebut, karena saat makhluk itu muncul, saksi mata selalu mengatakan hal yang berbeda-beda, sehingga para peneliti tidak pernah menemukan kesamaan dari ciri-ciri makhluk aneh itu.

Ada yang berpendapat bahwa Chan itu bukan merujuk pada satu makhluk, namun ada beberapa jenis makhluk tak terdefinisikan yang secara rata disebut sebagai Chan. Ada juga yang berpendapat bahwa sebenanrnya mereka hanya melihat binatang saja, namun karena terlihat di malam hari yang gelap, dan binatang itu tidak terlihat jelas bentuknya, maka mereka mengatakan bahwa mereka melihat suatu makhluk aneh. Apa pun itu, Chan adalah makhluk misterius yang menjadi legenda, dan sama seperti segala misteri lainnya, ada tirai yang menutupi makhluk yang disebut Chan ini.( perfecto.guru/Intan)

Share

Video Popular