Erabaru.net. Beras tidak hanya sebagai makanan pokok yang berharga, tapi ada banyak manfaat yang kita abaikan. Meskipun hanya butiran kecil, namun, peranannya sangat besar jika dimanfaatkan!

  1. Membersihkan botol kaca

Setelah habis menyantap makanan dalam kemasan botol, seringkali kita menggunakan botol kosongnya sebagai wadah untuk menyimpan acar, tapi cukup merepotkan saat membersihkan dalamannya. Namun, setelah tahu trik ini, masalah yang dihadapi pun beres.

Masukkan 20 butir beras ke dalam botol, tuang sekitar 1/5 dari air, kemdian tutup dan kocok dengan kuat selama 10 detik, hasilnya botol pun menjadi bersih kinclong.

  1. Menjaga kesegaran telur

Beras bisa menyediakan sebuah lingkungan yang kering dan suhu rendah, selain itu, serbuk beras juga dapat menghambat bakteri meresap ke dalam telur, jadi, anda bisa simpan telur ke dalam beras selama 6-8 bulan.

3. Menyegarkan udara

Anda bisa membuat sendiri penyegar udara, caranya campurkan beras dengan minyak atsiri atau minyak esensial.

Belilah satu botol mulut terbuka, masukkan beras, kemudian tetesi butiran beras dengan minyak esensial, aduk rata, aromanya akan memberi kesegaran, dan bisa digunakan berulang kali. Selain menambah keindahan di ruangan sekaligus juga memberi kesegaran aroma penciuman.

4. Bersihkan noda tinta

Memang cukup merepotkan membersihkan pakaian yang terkena noda tinta, tapi selama tintanya belum kering, coba kucek dengan nasi di tempat yang terkena noda, kemudian bilas dengan air bersih, pakaian pun menjadi bersih kembali.

5. Membersihkan komedo

Ulek nasi yang sudah matang seukuran telur, kemudian gelindingkan ke wajah selagi hangat, berkhasiat menghilangkan komedo, sekaligus juga bisa menghaluskan kulit. Dan nasi yang tersisa setiap hari itu pun bisa difungsikan untuk kecantikan wajah.

6. Air beras untuk mencuci muka.

Air beras bisa direbus untuk minum, berkhasiat meredakan panas dalam, bahkan berkhasiat bagi mereka yang lambung dan ususnya bermasalah, selain itu, cuci muka dengan air beras juga berefek sebagai pemutih kulit, dan menghalus-lembutkan kulit.

7. Bersihkan tangan

Terkadang tangan kita terkena sesuatu yang sangat lengket, dan jika sulit dibersihkan dengan air, anda bisa menggunakan beberapa butir beras. Caranya  letakkan di tangan, kemudian gosok beberapa kali secara berulang, dapat melenyapkan tangan anda yang terasa lengket, sekaligus membuat tangan menjadi lembut. (Jhony/rp)

Sumber: coco01.net

Share

Video Popular