Oleh: Yi Ming (Anonymous)

Erabaru.net. Susu memang sangat bergizi, tetapi jika diminum dalam keadaan perut kosong, akan menyebabkan cairan lambung menjadi encer, yang dapat mempengaruhi pencernaan dan penyerapanya, karena sebagian besar kadar dalam susu itu adalah air.

Selain itu, susu adalah minuman berbentuk cair, waktu tinggalnya relatif singkat dalam saluran pencernaan, sehingga sulit untuk sepenuhnya menyerap nutrisi, jadi sebaiknya susu diminum bersama dengan roti, biskuit dan makanan lainnya.

Dalam susu terdapat suatu zat bernama triptofan yang dapat membuat seseorang merasa lelah, zat ini memiliki efek  menenangkan tubuh manusia.

Jika minum segelas susu di pagi hari dalam keadaan perut kosong, mungkin dapat membuat orang itu merasa lelah menjelang siang, sehingga mempengaruhi performa kerja dan proses belajar-mengajar di sekolah.

Sebaliknya, apabila minum segelas susu menjelang tidur, dapat memenuhi gizi dan mendorong atau membantu kita tertidur lebih cepat, sehingga memastikan istirahat yang cukup, terutama sangat berefek bagi mereka yang menderita neurasthenia – seluruh badan letih, susah tidur, tidak bersemangat, lekas merasa lelah, walaupun sedikit tenaga yang dikeluarkan. Perasaan tidak enak, sebentar-sebentar ingin marah, menggerutu dan sebagainya. Tidak sanggup berpikir tentang suatu masalah, sukar mengingat dan memusatkan perhatian. Apatis, acuh tak acuh. Sangat sensitif terhadap cahaya dan suara. (jhony/rp)

Sumber: thn21.com

Share

Video Popular