Oleh: She Thu-en

Erabaru.net. Beberapa waktu lalu, dua pakar Tiongkok asal Amerika menyebutkan, bahwa tokoh dibalik insiden Guo Wengui adalah Zēng Qinghong. Jika ada “harimau besar” (kiasan untuk Pejabat elite Partai Komunis Tiongkok/PKT-Red) yang ditargetkan Sebelum dan sesudah kongres ke-19 PKT, maka tokoh elite pertama yang akan dilengserkan adalah Zeng Qinghong.

Melansir Radio Free Asia, dalam forum terkait kongres ke-19 PKT di Washington Amerika Serikat, 17 Mei 2017 lalu, “fenomena Guo Wengui” menarik perhatian pakar Tiongkok asal Amerika Serikat.

Pakar Tiongkok Bill Bishop dan Profesor Fu Shizhuo (Joseph Fewsmith) dari Boston University mengatakan kepada stasiun radio tersebut, bahwa jika ada “harimau besar” yang akan dilengserkan lagi tahun ini, maka pilihan pertama akan ditujukan pada mantan Wakil Presiden PKT Zeng Qinghong.

Terkait kemungkinan adanya “harimau besar” yang dibidik sebelum dan sesudah kongres ke-19 PKT, Bill Bishop mengatakan bahwa selama bertahun-tahun selalu ada rumor seperti ini, dan Xi Jinping tidak menemukan waktu dan kesempatan yang tepat untuk menangkap Zeng Qinghong.

Tapi kali ini saya perkirakan Bejing akan merasa dibalik dari insiden Guo Wengui pasti ada dalangnya. Siapa dalangnya?

Besar kemungkinan menurut mereka dan saya sendiri adalah Zeng Qinghong,” kata Bill Bishop

Sementara itu, profesor Fu Shizhuo (Joseph Fewsmith) juga mengatakan kepada Radio Free Asia, bahwa jika ada harimau besar lain yang dibidik, maka pilhan pertama akan ditujukan pada mantan Wakil Presiden PKT, Zeng Qinghong. (Jhony/rp)

Sumber: Secretchina

Share

Video Popular