Erabaru.net. Menurut Mind, defisini depresi adalah penyakit tak kasatmata yang bisa membayangi siapa saja, kapan saja, dan dimana saja, dengan perbandingan satu dari 4 orang Inggris mengalami masalah kesehatan mental ini setiap tahunnya.

Namun, sebuah studi baru yang meneliti hubungan olahraga dengan kesehatan mental, telah mampu menghasilkan solusi baru untuk mengatasi depresi berat. Olahraga yang dimaksud adalah Yoga.

(Foto: Max. Pixels)

Peserta kelas mingguan hatha yoga melaporkan, mereka telah menikmati hasil dari kegiatan hatha yoga yang dapat menurunkan gejala depresi hingga 50 persen, serta peningkatan fungsi kesehatan dan sosial mereka secara keseluruhan.

Stud ini dilakukan oleh tim ahli dari Brown University , Amerika Serikat, dan hasil studinya telah diterbitkan dalam jurnal Psychological Medicine.

Studi ini meneliti sebuah kelompok beranggotakan 63 pasien penderita depresi berat yang mengambil kelas mingguan hatha yoga. Kelompok ini akan dibandingkan dengan kelompok lain yang beranggotakan 59 penderita depresi berat yang mengambil kelas pendidikan kesehatan.

Semua peserta telah didiagnosis menderita depresi berat secara medis dan diberi obat anti-depresant.

(Foto: Tom Varco)

Setelah enam bulan para periset menemukan perkembangan yang menjanjikan dalam kesejahteraan peserta penelitian yang mengikuti kelas yoga, menunjukkan bahwa manfaat positif dari  yoga terhadap penderita depresi akut dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

Sebanyak 51% dari pasien dari kelas yoga melaporkan, setidaknya mereka mengalami penurunan gejala depresi sebesar 50%. Hal yang sama juga dikatakan oleh 31% peserta yang mengikuti kelas pendidikan kesehatan. Dengan kata lain, pasien yang mengambil kelas yoga lebih banyak mengalami penurunan gejala depresi mereka.

Pada penelitian  sebelumnya yang dilakukan oleh tim peneliti King’s College London,Inggris,  mereka menemukan manfaat yoga, yaitu dapat mengurangi tingkat stres pada hormon, kortisol, dan dapat meningkatkan konsentrasi melalui latihan pernapasan terfokus.

(Foto: Pexels)

Dr Lisa Uebelacker dari Brown University, yang menulis penelitian tersebut,   mengatakan :

“Kami berhipotesis bahwa peserta yoga akan terlihat mengalami penurunan gejala depresi dari waktu ke waktu, serta meningkatkan kualitas peran sosial dan peran diri yang lebih baik, memiliki kesehatan umum dan fungsi organ tubuh yang lebih baik, serta lebih sedikit merasakan sakit fisik dibandingkan kelompok yang mengikuti kelas pendidikan kesehatan.”

(Foto: Max. Pixels)

Dr Uebelacker menambahkan, “Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa yoga memang memiliki dampak positif terhadap penurunan gejala depresi.”

Hatha yoga adalah cabang olahraga yoga yang menekankan pada penguasaan tubuh secara fisik.

Walaupun olahraga yoga mungkin bisa tidak bekerja untuk semua orang. Namun Anda tidak dapat menolak untuk mencoba melakukan metode alternatif untuk mengatasi depresi Anda.( unilad.co.uk/Intan)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular