Erabaru.net. Festival Patung Pasir Internasional Fulong telah diselenggarakan sejak 2008 untuk mempromosikan seni patung pasir di Taiwan.

Festival tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, digelar di pantai emas sepanjang 3 kilometer, antara Yanliao (鹽 寮) dan Fulong (福隆) di pantai timur laut Taiwan mulai 6 Mei hingga 9 Juli 2017. Tonton video di atas tentang Festival Internasional Patung Pasir Fulong.

Karakter yang menampilkan film populer Spider Man saat adegan pengintaian di balkon istana pasir setinggi 13 meter di Fetival Patung Pasir Internasional Fulong tahun 2017. (Gambar: Billy Shyu / Vision Times)

Untuk merayakan ulang tahun festival yang ke-10 tersebut, 22 pematung dari 14 negara, termasuk, Taiwan, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Italia, Korea Selatan, Jepang, Bulgaria, Ukraina, India, Tiongkok, dan Peru berpartisipasi dalam Festival Kesenian Patung Pasir tahun ini. Sebanyak 80 patung pasir menakjubkan dipajang di acara tersebut.

Patung pasir samurai Jepang yang legendaris dibuat oleh Toshihito Hosaka, memenangkan hadiah pertama di Festival Internasional Patung Pasir (Gambar : Billy Shyu/ Vision Times)

 

Patung pasir yang paling mencolok pada festival tahun ini adalah istana pasir dengan ketinggian 43 kaki (13 meter). Ini adalah patung pasir tertinggi di Taiwan.

Gagasan tentang kastil tersebut dikatakan berasal dari mimpi seorang gadis berusia 10 tahun, dan perlu 15 hari bagi pemahat untuk menyelesaikan istana tersebut. Hal yang lebih menarik lagi adalah adanya karakter Spider Man yang mengintai di balkon istana.

Pemahat patung pasir Inggris Rachel Clara Stubb memenangkan tempat kedua untuk karyanya berjudul ‘Charles Darwin ‧’ (Gambar: Billy Shyu/Vision Times)

Remy Greets dari Belanda menerima hadiah ketiga untuk karyanya ‘Athena: Dewi Perlindungan yang berani.’ (Gambar: Billy Shyu/ Vision Times)

Ke-22 pemahat patung pasir dari luar negeri  berpartisipasi dalam kompetisi internasional untuk menciptakan patung pahlawan bertema “pahlawan”. Di antara mereka, ada patung pasir yang menggambarkan samurai legendaris yang dibuat oleh Toshihito Hosaka dari Jepang, yang keluar sebagai juara pertama dan menerima hadiah sekop emas.

Seniman patung pasir Inggris Rachel Clara Stubb memenangkan tempat kedua untuk “Charles Darwin,” dan Remy Greets dari Belanda mendapat hadiah ketiga untuk “Athena: Dewi Perlindungan yang berani.”

Patung pasir King Kong raksasa di Festival Internasional Patung Pasir 2017 di pantai timur laut Taiwan. (Gambar: Juliet Fu/Vision Times)

 

Selain itu, 20 tim lokal ikut serta dalam kompetisi domestik dengan tema “Harta karun Pasir Emas Fulong” untuk menampilkan obyek terbaik khas Fulong dengan pasir.

Patung pasir Millennial Tree di Festival Internasional Patung Pasir 2017. (Gambar: Billy Shyu/Vision Times)

 

Pada 20 Mei dan 17 Juni, pemahat pasir lokal yang terkenal akan melakukan dua kelas pahatan pasir yang mengajarkan tentang teknik pembuatan patung pasir dan tampilan estetika pahatan patung pasir.

Peserta bisa belajar bagaimana bersenang-senang dengan membuat patung pasir dan membangun istana pasir mewah milik mereka sendiri.


Patung pasir bergaya Barok yang bertajuk ‘Berkah dari Malaikat’ ditampilkan di 2017 Festival International Patung Pasir Fulong (Gambar: Billy Shyu/ Vision Times)
Patung pasir peri dari cerita rakyat Irlandia dipajang di Festival International Patung Pasir Fulong 2017. (Gambar: Juliet Fu/Vision Times)

Pasir kuarsa putih dan halus di Pantai Fulong memiliki tekstur yang luar biasa dan sangat mudah dibentuk setelah dicampur dengan air. Untuk alasan ini, pantai tersebut dianggap sebagai pantai  terbaik di Taiwan untuk pembuatan patung pasir oleh Asosiasi Patung Pasir Dunia.

Patung pasir untuk bintang film bela diri Hong Kong, Bruce Lee ditampilkan di Festival Internasional Patung Pasir Fulong di Taiwan. (Gambar: Billy Shyu/Vision Times)

 

Festival Internasional Patung Pasir Fulong telah menjadi semakin populer selama ini, dan telah menarik perhatian seniman baik dari Taiwan maupun luar negeri untuk mengekspresikan keahlian mereka. Banyak  orang yang hanya ingin mengunjungi Pantai Fulong untuk menghargai karya seni dan menghabiskan hari yang menyenangkan di pantai pada waktu musim panas. (jul/rp)

Sumber: visiontimes

Pantai sepanjang 3 kilometer antara Yanliao dan Fulong di pantai timur laut Taiwan merupakan lokasi yang sempurna untuk pembuatan patung pasir.(Gambar: Billy Shyu/Vision Times)

Share

Video Popular