Sestama BNP2TKI bersama Dirjen Imigrasi Menkumham menunjukkan trafik angka perdagangan manusia (Foto : M.Asari/Erabaru.net)

Modus penyeludupan orang yang dilakukan diantaranya pemberangkat melalui pelabuhan tak resmi. Oleh karena itu, aparat negara berkomitmen untuk melawan praktek kejahatan ini. Termasuk melakukan upaya dini seperti pencegahan pemberangkatan ke luar negeri.

Faktor yang menjadi pendorong adalah tingginya demand apalagi telah terjadi moratorium.  Akan tetapi persoalannya tenaga kerja Indonesia masih disukai karena kesamaan budaya dan agama, oleh karena itu diperlukan solusi untuk mengatasinya.

Menurut Hernomo, para TKI ini bahkan adanya yang dibelokkan ke negara konflik dikarenakan tingginya permintaan untuk mempekerjakan tenaga kerja domestik. Keberadaan para TKI ini, belum tentu keterlibatan mereka sebagai jaringan kelompok teror .Namun mereka semata-mata hanya dipekerjakan. Walaupun sebenarnya, para TKI ini tak mengetahui mereka akan diberangkatkan seperti ke Suria atau Yaman.

“Maka ini banyak sekali pemulangan TKI dari Suriah tak habis karena masuk terus, karena itu memang permintan tinggi, harganya lebih tinggi dibandingkan negara aman, karena negara konflik itu lebih menguntungkan rupanya bagi pedagang manusia ini, makanya kita bersama-sama memerangi ini untuk melakukan penindakan tehadap pelaku,” jelas Hernomo.

Dirjen Imigrasi, Kemkumham, Ronny F. Sompie mengatakan pihaknya melakukan penundaan pemberian paspor dan keberangkatan para calon TKI sebagai bagian dari upaya pencegahan korban tindak pidana perdangangan orang. Selanjutnya mereka yang diduga berangkat dengan non  prosedural diarahkan menggunakan lembaga resmi seperti ke Dinas Tenaga Kerja setempat dan ke BNP2TKI.

Sepanjang 1 Januari – 3 Juni 2017, Direktorat Jenderal Imigrasi telah mengidentifikasi modus operandi seperti menggunakan motif Umrah, Haji Khusus, Magang, Bursa Kerja Khusus, Kunjungan Keluarga dan Wisata. Penundaan yang dilakukan Diretorat Imigrasi  yakni pemberian paspor kepada 3.825 WNI yang diduga akan menjadi Calon TKI Non-Prosedural di 96 Kantor Imigrasi seluruh Indonesia.

Klik untuk Baca Selanjutnya …

Share

Video Popular