Erabaru.net. Beberapa dokter menyarankan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai lemak sehat. Sehingga saat memasak, bahan masakan yang harus tersedia pada dapur saya adalah minyak zaitun.

Namun, saya tidak pernah benar-benar mengetahui sampai sekarang betapa pentingnya minyak zaitun untuk kesehatan sehari-hari.

Ternyata, minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Apa saja itu? Berikut manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun bagi kesehatan tubuh kita.

Choice.com

Apa sebenarnya Minyak Zaitun?

Darimana minyak zaitun berasal? Sesuai namanya, minyak zaitun berasal dari buah zaitun. Buah mentah tersebut digepengkan sampai menjadi pasta dan diperas. Hasil perasan buah zaitun tersebutlah yang dinamakan minyak zaitun

Ada beberapa jenis dan kualitas dari minyak zaitun, namun kualitas terbaik dari minyak zaitun adalah Extra Virgin Olive Oil (EVOO). Biasanya, EVOO dikemas dalam botol kaca, dan memiliki tanggal kadaluwarsa yang singkat dari tanggal produksinya.

Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Minyak Zaitun?

Berguna Bagi Otak Anda

Oliveoiltimes.com

Lemak jahat sebenarnya berbahaya dan menyebabkan kerusakan serius pada jaringan tubuh. Minyak zaitun bagus untuk otak Anda karena merupakan lemak sehat yang murni. Selain itu, zat yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu memperlancar kinerja sistem saraf dalam otak, sehingga membuat Anda dapat berpikir lebih cepat dan lebih baik.

Menyehatkan Jantung Anda

Inlifehealthcare.com

Sebenarnya tubuh Anda juga membutuhkan lemak, namun jika Anda mengonsumsi lemak jahat seperti yang terkandung dalam daging merah, gorengan, dan keju, itu akan dapat menghambat  peredaran darah dalam arteri.

Minyak zaitun mungkin dikenal sebagai makanan super untuk kesehatan jantung, karena dapat memperlancar aliran darah didalam arteri

Menurut Forbes , saat Anda mencampurkann  minyak zaitun dengan sayuran warna hijau tua seperti kangkung, Anda menciptakan asam nitro yang dapat mengurangi peradangan dan melemaskan pembuluh darah, serta untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki aliran darah.

Menghilangkan Masalah dalam Sistem Pencernaan Anda

Leonardooliveoil.com

Bukan hal yang baru bahwa minyak zaitun baik untuk kesehatan Anda. Contohnya jika Anda menderita sembelit, konsumsilah sesendok makan minyak zaitun setiap hari, dan pastikan Anda juga mengonsumsi cukup air. Maka rasakan perubahan yang besar dari mengonsumsi minyak zaitun. Selain itu, minyak zaitun juga dapat memperlancar hambatan-hambatan dalam usus besar Anda.

Walaupun demikian, jangan mengonsumsi lebih dari satu sendok makan, karena itu bisa menyebabkan diare.

Mengurangi Berat Badan

Oliveoilmarket.eu

Minyak zaitun bisa menjadi lemak sehat, namun itu tetap termasuk lemak yang membuat gemuk.

Jadi Anda mungkin berpikir, bagaimana mungkin bisa membantu menurunkan berat badan?

Kedengarannya berlawanan, tetapi beberapa lemak benar-benar membantu Anda  menurunkan berat badan, dan minyak zaitun adalah salah satunya.

Minyak zaitun membantu tubuh Anda bekerja lebih efisien, seperti mengolah zat bagus dari makanan dan membuang zat buruk atau sampah dari zat makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Menyehatkan Kulit, Kuku dan Rambut

Nailmag.ru

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin E, yang merupakan nutrisi mikro untuk membantu menghaluskan, menyuburkan dan menyehatkan rambut, kulit, dan kuku.

Anda bisa membasahi rambut, kulit atau kuku Anda dengan sesendok makan minyak zaitun, atau Anda bisa juga membuat krim wajah dan tangan, serta masker rambut dari minyak zaitun.

Mengurangi Kelelahan

Ladyspesial.ru

Beberapa studi mengatakan bahwa minyak zaitun bagus untuk mengatasi kelelahan seperti aspirin atau ibuprofen, yang merupakan dua pembunuh rasa lelah yang popular.

Minyak zaitun terdiri dari enzim yang disebut oleocanthal, yang berperan untuk mengurangi rasa terbakar dan rasa lelah.

Sesendok minyak zaintun hanya memiliki 10% kekuatan dari ibuprofen, sehingga tidak dapat membantu mengatasi masalah sakit kepala. Namun, Anda dapat menggunakannya untuk mengobati rasa terbakar atau penyakit seperti kondisi lelah kronis  artritis.

 

Menjaga Anda Tetap Awet Muda

Roymorgan.com

Minyak zaitun mengandung banyak polifenol, jenis antioksidan yang membantu mencegah penuaan atau penyakit lain yang berhubungan dengan penuaan, seperti mengurangi keriput, bahkan hingga mengatasi masalah penyakit kronis yang kerap dialami orang yang sudah tua.

Jenis minyak zaitun EVOO adalah minyak zaitun yang memiliki banyak zat polifenol.

/Apakah Ada Efek Samping?

Mengonsumsi minyak zaitun berlebihan dapat menyebabkan diare.

Sehatplan.com

Selain itu, dalam satu sendok makan minyak zaitun mengandung 120 kalori, sehingga janganlah mengkonsumsi lebih dari itu. Satu sendok makan minyak zaitun telah mencukupi zat-zat yang diperlukan tubuh.

Jika Anda hendak melakukan diet dengan menggunakan minyak zaitun, lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, karena terdapat zat anti-inflamasi di dalamnya yang menyebabkan tekanan darah Anda menurun terlalu banyak.

Kesimpulannya, minyak zaitun adalah barang yang sangat luar biasa, dan kita benar – benar  harus mulai mengonsumsi  sesendok setiap hari begitu kita mendapat persetujuan dari dokter! (littlethings.com/Intan/Jul)

 

Share
Tag: Kategori: Gaya Hidup

Video Popular