Erabaru.net. Makanan yang digoreng, renyah dan nikmat, selain itu juga tidak mudah terasa lapar, dan sangat disukai.

Dibalik rasanya yang nikmat, mengkonsumsi makanan yang di goreng terlalu sering dan terlalu banyak maka bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Apalagi bila makanan dengan proses digoreng tersebut menggunakan minyak bekas lebih dari 3 kali, tentunya makanan tersebut tidak baik untuk dikonsumsi.

Ilustrasi. (Foto Ebnet/ rmat)

Hal ini dikarenakan makanan yang digoreng menggunakan minyak bekas hingga beberapa kali mengandung kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit stroke, jantung. Dan yang paling sering terjadi adalah bisa mengakibatkan obesitas

Mengapa setelah menyantap makanan yang digoreng kita tidak mudah merasa lapar lagi?

Ternyata makanan yang digoreng kaya akan minyak (lemak), yang dapat menyediakan energi panas relatif tinggi.

Selain itu masa cerna lemak/minyak juga lama, dan menetap lama di dalam perut, sehingga tidak mudah terasa lapar.

Meskipun makanan yang digoreng itu lengkap dari sisi aroma, citarasa, dan juga jauh lebih higienis setelah dimatangkan dengan minyak, tapi makanan goreng juga banyak efek samping, yang tidak baik bagi kesehatan kita.

Ilustrasi. (Foto Ebnet/ rmat)

Pertama-tama, setelah dipanaskan dengan suhu tinggi, kandungan nutrisi dalam makanan tersebut banyak yang hilang, sementara kandungan vitamin, asam lemak esensial dan nutrisi lainnya semuanya telah hancur.

Selain itu, lemaknya juga tidak mudah diserap oleh tubuh setelah pemanasan, dan menghambat nutrisi dari makanan lain untuk diserap oleh tubuh.

Hal yang paling penting adalah minyak yang dipanaskan dengan suhu tingi mengandung karsinogen (zat penyebab kanker) yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Melalui percobaan dari hewan, para ilmuwan lebih lanjut menegaskan bahwa minyak yang dipanaskan dapat menyebabkan ulkus lambung, mukosa usus / lambung, penyakit papiloma dan semacamnya.

Jadi jelaslah bahwa terhadap makanan yang digoreng dihimbau sebaiknya jangan terlalu sering. (Jhony/rp)

Sumber: Thn21.com

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds