Erabaru.net – Baru-baru ini, seorang ibu dari Kanada mengalami trauma ketika bayinya yang berusia 14 bulan telah menderita luka bakar parah setelah menggunakan satu produk krim pelindung matahari merek Banana Boat Kids SPF50.

Melalui status yang diunggah di Facebook pada 8 Mei lalu, Rebecca Cannon mengatakan telah membeli produk tersebut sebagai langkah untuk melindungi anaknya, Kyla dari terkena sengatan sinar matahari.

Bukankah itu berfungsi sebagai krim pelindung matahari? Namun sayangnya, produk tersebut telah meninggalkan efek luka bakar yang parah pada wajah Kyla. Setelah memakai produk tersebut, kulit wajah Kyla mulai berubah kemerah-merahan dan terkelupas.

Rebecca mengira produk tersebut akan melindungi anaknya dari terkena pancaran sinar matahari tetapi pada kenyataannya, produk tersebut telah meninggalkan bekas yang buruk. Sungguh kasihan bayinya karena terpaksa menanggung kesakitan.

“Setelah memakainya, kulit muka Kyla semakin merah dan pada keesokan paginya, wajahnya mulai membengkak. Gelembung akibat luka bakar juga mulai timbul, “kata Rebecca.

Iba dengan kondisi anaknya, Rebecca segera membawa Kyla ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Dokter mengkonfirmasi Kyla mengalami luka bakar tingkat kedua yang berasal dari bahan kimia dalam produk tersebut.

Rebecca juga diberitahu tentang kemungkinan efek luka bakar tersebut adalah akibat alergi terhadap produk pelindung dari sengatan surya tersebut.

Dokter juga menyatakan bahwa kasus tersebut bukanlah kasus yang pertama kali terjadi pada anak-anak. Bahkan, karena begitu banyak hal yang sama terjadi pada anak-anak akibat penggunaan produk merek Banana Boat, produk tersebut mendapat kritikan hebat dari para pengguna di Australia.

Pengalaman yang terjadi kepada Rebecca dan anaknya wajar dijadikan sebagai peringatan kepada kita semua. Memang produk perlindungan sinar matahari membantu dalam melindungi kulit kita dari sinar matahari, namun bukan semuanya sesuai dengan kulit kita.

Tambahan pula, penggunaan bahan kimia tersebut mungkin dapat menyebabkan radiasi kepada sejumlah pengguna. Justru, dianjurkan agar pengguna mencari saran dari dokter sebelum menggunakannya. (Erabaru.com.my/asr)

 

Share

Video Popular