Erabaru.net – Banyak orangtua menginginkan anak-anaknya menjadi studyholic (siswa yang super duper rajin belajarnya). Namun, dalam proses bimbingannya justru menyimpang.

Beberapa poin berikut ini umumnya merupakan kesalahan pendidikan pada pola pembelajaran anak, entah apakah Anda pernah melakukan kesalahan seperti itu ?

Berikut tiga poin yang dimaksud :

1. Tidak bisa menginspirasi dan membimbing pemikiran independen anak-anak

Ketika menangani sesuatu atau konseling belajar, orangtua bukannya membimbing dan menginspirasi anak-anak, tetapi langsung memberitahu pengetahuan atau jawabannya kepada anak-anak, memaksakan pengetahuan yang diketahuinya kepada anak-anak.

2. Terlalu banyak pelajaran tambahan, sementara minat belajar minim

Orangtua takut anak-anak mereka tidak bisa mengejar prestasinya di sekolah, sehingga memberikan pelajaran tambahan pelajaran Matematika, Mandarin, Inggris secara gelombang demi gelombang, tapi tidak dibarengi dengan minat belajarnya anak-anak, sehingga tanpa sadar mematikan rasa penasaran anak.

3. Mengabaikan titik kebutuhan belajar anak

Para orangtua tidak menyadari titik kebutuhan belajar anak yang sesungguhnya, membiarkan anak-anak belajar pengetahuan dari buku pelajaran, sementara ekstrakurikuler sangat minim, sehingga anak-anak tak ubahnya seperti mesin ujian, setelah selesai ujian lalu dilupakan.

Misalnya, anak-anak hanya tahu ilmuwan, astronot itu sangat hebat, tetapi tidak pernah mengerti tentang pengetahuan riil dan usaha keras yang dibutuhkan untuk menjadi seorang astronot atau ilmuwan hebat.

Menurut para ahli, anak-anak harus tahu dan memahami pola dunia itu tidak hanya terbatas pada pelajaran di sekolah, tapi minat ekstrakurikuler juga sama pentingnya.

Jika dibimbing dengan cara yang sesuai, biarkan anak-anak menggunakan cara yang disukai mereka untuk melihat langit (fenomena alam), melihat bumi atau dunia, dengan begitu baru bisa memperluas wawasan anak-anak, memperkaya aneka pengetahuan mereka, menjadi studyholic yang menyenangkan dalam arti yang sebenarnya. (Jhon/asr)

Share

Video Popular