Erabaru.net. Mammoth merupakan sejenis gajah besar zaman purba yang telah punah.

Ini ada sekitar 600.000 tahun dahulu dan berkembang biak di sekitar utara Eurasia.Pada satu hari, seorang penduduk desa Oy di Yakutia, Rusia telah menemukan harta kuno yang luar biasa ketika sedang menggali tanah untuk menanam kentang dan kubis.Temuan gading mammoth berukuran 50 cm x 270 cm  itu membuat Yakutia yang juga dikenal sebagai Republik Sakha terkenal dalam semalam.Dikatakan, gading mammoth yang ditemukan tertanam di daerah rumahnya itu diperkirakan berusia hampir 400.000 tahun!
Berita tentang penemuan berharga tersebut menarik perhatian para sejarahwan.Sejarawan  Prokopiy Nagovitsyn dikirim ke lokasi tersebut untuk melakukan studi dan penelitian tentang.Menurutnya, lokasi nyata dan nama individu yang menemukan gading mammoth ini tidak diungkapkan karena alasan tertentu.

Temuan gading gajah purba ini dikaji oleh beberapa ahli arkeologi serta paleontologi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang.Temuan keseluruhan kerangka mammoth ini ditemukan di Nizhny Bestyakh, Yakutia pada 2015. Gadingnya sangat rapuh dan para pemburu gading juga dilarang untuk mendekati wilayah tersebut. (rp)

Sumber: The Siberian Times/ erabaru.com.my

Share

Video Popular