Erabaru.net. Menjalani hidup dengan kesederhanaan bisa menjadi hal yang indah, namun selama proses menuju penyederhanaan ini, bisa terasa luar biasa pada awalnya.

Alih-alih mencoba menyederhanakan keseluruhan hidup Anda sekaligus, seperti merapikan barang-barang di rumah dan meminimalkan jadwal Anda hanya dengan meditasi dan menulis, jadi bagaimana kalau kita memulai dengan satu hal saja?

Menyederhanakan untuk satu hal bisa dilakukan. Dan Anda tidak harus mengatasi semuanya pada hari ini, Anda sudah lama melakukan semua itu.

Cobalah memilih salah satu ide di bawah ini dan menerapkannya pada hari ini. Jika berhasil, lanjutkan keesokan hari. Atau cobalah salah satu ide yang lain.

Cobalah untuk tidak menganggapnya sebagai pekerjaan rumah, melainkan seperti petualangan baru yang menyenangkan.

1. Tugas tunggal. Hal berikutnya yang Anda pilih untuk dilakukan, maka lakukan itu saja. Tutup semua rencana yang lain, jauhkan ponsel, dan fokus saja pada satu tugas itu.

Jika Anda membaca artikel ini, tetaplah lakukan itu, dan jangan melakukan hal lain sampai Anda selesai membaca artikel ini.

Saat Anda memutuskan untuk memeriksa media sosial, maka periksalah satu per satu dan lakukan sepenuhnya dengan penuh perhatian.

Saat Anda berjalan-jalan di luar, maka tidak ada yang bisa didengarkan atau dilihat, selain alam sekitar Anda. Benar-benar satu hal untuk saat itu: hanya menulis saja, hanya makan saja, dan lain-lain.

Ini adalah ide yang sederhana, dan ini bisa dilakukan sekarang juga.

2. Gunakan ruang di antaranya sebagai meditasi kecil. Bila Anda selesai dengan satu hal, alih-alih bergegas ke berikutnya, berjeda sejenak.

Nikmati ruang di antaranya. Perhatikan bagaimana perasaan Anda, apa yang ada di sekitar Anda, apa yang baru saja Anda lakukan, apa maksud dari apa yang akan Anda lakukan.

Ketika Anda pergi ke tempat lain, apakah itu hanya bagian lain dari kantor atau bagian lain kota Anda … maka nikmati saja sepenuhnya, seolah-olah sama pentingnya dengan hal lain yang Anda lakukan, dan jangan terburu-buru melewatinya.

3. Lepaskan satu komitmen. Hidup kita terasa begitu penuh dikarenakan kita mengatakanya untuk begitu banyak hal, dan komitmen kita menumpuk dari waktu ke waktu.

Anda sangat bisa menyederhanakan hidup Anda dengan melepaskan satu komitmen. Apa yang tidak memuaskan Anda?

Apa yang bisa Anda dapatkan dari hari ini dengan memberi tahu mereka bahwa Anda tidak punya tempat untuk itu? Berlatih mengatakan tidak dengan percaya diri dan penuh kasih.

4. Hadir sepenuhnya pada seseorang. Pilih seseorang hari ini untuk bersama dengannya secara penuh. Letakkan ponsel Anda, lepaskan hal lain yang sedang Anda pikirkan, dan ikutilah mereka. Dengarkan mereka.

Cobalah untuk melihatnya sepenuhnya. Bukalah hati Anda kepada mereka. Kirimkan mereka belas kasih Anda. Jika Anda melakukan ini dengan satu orang sehari, ini merupakan hal yang mudah dilakukan, hidup Anda akan menjadi lebih baik melalui hubungan dan koneksi yang lebih baik.

5. Kosongkan satu spasi. Temukan satu area kecil di ruang kerja atau rumah Anda, dan merapikannya. Cukup sebesar ruang yang bisa Anda kelola.

Misalnya saja hanya sedikit ruang di meja kerja atau meja dapur. Biarlah ini menjadi oasis kedamaian dan kesederhanaan yang menyenangkan, yang akan mengalir deras ke sisa hidup Anda!

Ini adalah lima hal kecil yang dapat Anda lakukan tidak peduli apa yang Anda lakukan hari ini – jangan lakukan kelima hal itu, tapi pilih salah satu saja.

Dan nikmati kesederhanaan yang datang dengan melakukannya. (ajg/yant)

Sumber: Zenhabits.com

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds