Erabaru.net. Benjamin Franklin, yang adalah seorang penulis, filsuf dan ilmuwan dengan tepat berkata, “Satu ons pencegahan bernilai satu pon (5 ons) penyembuhan”, tidak ada satu pun di dunia ini yang lebih layak selain mengambil langkah untuk mencegah penyakit daripada berobat kemudian.

Kanker adalah penyakit yang paling mematikan di zaman sekarang, yang mana yang harus benar-benar diperhatikan saat menyerang kita!

Makanan adalah salah satu aspek terpenting yang perlu diurus untuk mencegah kanker dan dalam hal apa pun ada jenis penyakit.

Membuat beberapa perubahan pada kebiasaan makanan kita akan menjadi inisiatif yang tepat untuk mencegah penyakit ini.

Artikel ini, mencoba untuk menyoroti berbagai makanan penyebab kanker yang perlu kita hindari!

Makanan dengan kadar garam tinggi

Makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi cenderung mengikis lapisan dalam lambung, sehingga rentan terkena tumor penyebab kanker.

Kadar garam yang dianjurkan oleh departemen kesehatan adalah tidak lebih dari 6 gram setiap hari. Mengurangi asupan garam akan mengurangi risiko terjadinya kanker.

Minuman berkarbonasi

Ini mungkin salah satu makanan penyebab utama kanker . Bahan berbahaya hadir dalam minuman berkarbonasi seperti bahan kimia, pewarna, sirup jagung fruktosa tinggi (HCFS), dan lain-lain, menjadikannya minuman yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Mereka tidak hanya menyerap nutrisi, yang kita dapatkan dari makanan lain, tapi juga memberi nilai gizi nol, sehingga membuat sistem kita lemah dan lebih rentan terhadap penyakit berbahaya ini.

Makanan kaleng

Makanan kaleng nampaknya merupakan alternatif terbaik; Namun kenyataannya, ini adalah makanan yang paling karsinogenik dari semua makanan. Mari kita lihat bagaimana caranya!

Jika Anda berpikir, makanan kalengan mungkin bersifat karsinogenik karena pengawetnya, maka Anda salah menduga. Penyebab sebenarnya adalah bahan pelapis yang digunakan untuk pembuatan kaleng ini yaitu bisphenol-A atau BPA.

Studi telah menunjukkan bahwa BPA memiliki kemampuan untuk mengubah struktur gen yang terkait langsung dengan penyebab kanker.

Jika isi kaleng bersifat asam, ini bisa dengan mudah merusak lapisan, sehingga menyebabkan campuran kandungan makanan dan BPA, yang pada saat di konsumsi bisa menjadi sangat berbahaya. Sebagai gantinya, carilah makanan segar.

Pemanis buatan

Sebagian besar dari kita salah paham bahwa pemanis buatan seperti sakarin, aspartam, siklamat dan lainnya, sama baiknya dengan gula biasa.

Pemanis buatan mengakibatkan kadar gula yang tinggi di dalam tubuh sehingga menjadi bahan makanan sel kanker. Sakarin menyebabkan kanker kandung kemih, aspartam menyebabkan tumor otak.

Tepung terigu

Tepung putih, biasa disebut maida, tidak lain adalah hasil olahan gandum. Ini diproses dengan bantuan gas klorin karena warnanya yang putih.

Karena gas klor dan nilai glikemiknya tinggi, ia dapat dengan mudah menyebabkan diabetes, yang pada gilirannya menyebabkan penyebaran sel kanker!

Minum alkohol yang berlebihan

Studi menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara minum alkohol dan perkembangan berbagai jenis kanker.

Kelebihan konsumsi alkohol bisa menyebabkan kanker seperti kanker mulut, kanker hati, kanker payudara, kanker usus dan kanker tenggorokan.

Rekomendasi ideal untuk asupan alkohol oleh Cancer Research UK dan American Cancer Society tidak lebih dari satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria.

Dengan demikian, perubahan kecil yang dilakukan dalam makanan kita dengan menghindari beberapa makanan bisa terbukti menjadi berkah dalam menghindari kanker.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

 

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds