Erabaru.net. Pernahkah Anda bertanya-tanya makhluk dan tumbuhan apa yang hidup di laut dalam?

Sekelompok peneliti menyaksikan apa yang mereka sebut “hutan aneh,” yang terletak di lebih dari 7.000 kaki di bawah permukaan laut, dan mengatakan bahwa itu seperti “kehidupan di planet lain.”

Pada bulan Juli, Penjelajah Okeanos dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) telah menemukan pemandangan aneh di kedalaman 7.700 kaki (sekitar 2.3 km) di bawah permukaan air.

Kredit: Facebook | NOAA Ship Okeanos Explorer

Sebuah tim ilmuwan mengeksplorasi perairan dalam di sekitar Monumen Nasional Samudra Pasifik di Hawaii, dan ketika mereka sampai di sebuah dasar lautan, arus berubah.

Mereka menemukan “komunitas yang terdiri dari spons kaca eksklusif dan keragaman hayatinya yang dramatis, seperti beberapa hewan kelas heksaktinelida yang jumlahnya sangat besar,” tulis tim tersebut di situs mereka .

“Banyak spons memiliki sisi cekung yang mengarah ke arus, dan spesies spons baru yang ciri-cirinya mirip hewan dari genus Poliopogon,” tambah mereka.

Pada foto di bawah ini: Spons kaca farreid yang terlihat memiliki kepadatan tinggi ini ditemukan pada kedalaman sekitar 2.360 meter (7.740 kaki).

[Kredit foto : Kantor Eksplorasi dan Penelitian Laut NOAA, 2017 Laulima O Ka Moana.]

YouTube Screenshot | Oceanexplorergov

Tim tersebut menggambarkan temuan tersebut sebagai “hutan aneh yang belum pernah mereka temukan.”

Dalam sebuah cuplikan video yang direkam oleh tim, seorang peneliti berkomentar bahwa pemandangan itu seperti “pemandangan dari planet lain.”

Saat tim ilmuwan ini terpesona oleh pemandangan di depan mereka, peneliti lain berkata, “Setiap kali kita melakukan penyelaman, yang bisa saya pikirkan adalah, inilah jenis pengalaman seseorang ketika mereka menemukan pemandangan seperti kehidupan di planet lain.”

Pada foto di bawah ini: Octocoralia mendominasi dasar laut di laut bagian East “Wetmore” Seamount, termasuk iridogologia dan karang bambu yang menakjubkan, menghiasi pemandangan bawah laut Samudra Pasifik.

[Kredit: Kantor Eksplorasi dan Penelitian Laut NOAA, 2017 Laulima O Ka Moana.]

YouTube Screenshot | Oceanexplorergov

Salah satu ilmuwan terdengar mengatakan bahwa ia terkejut saat pemandangan melihat yang ada di hadapannya, danmerasa  asing, meski ia telah berkali-kali menyelami laut dalam selama lima tahun. “Pemandangan seperti ini selalu  membuat saya takjub,” ujarnya.

Lihatlah “hutan aneh” di bawah ini:

(intan/asr)

Sumber : NTD.TV

Share

Video Popular