Erabaru.net. Gangguan tidur bisa memiliki efek negatif terhadap kualitas hidup Anda. Jika Anda selalu bisa tidur nyenyak, Anda bisa menambah berat badan dan memperlambat aktivitas otak.

Selain itu, mereka dapat secara signifikan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jika Anda tidur kurang dari 5 jam, Anda akan memiliki banyak masalah kesehatan.

Banyak hal yang membuat Anda menderita gangguan tidur, seperti sedang stress, memiliki masalah di tempat kerja atau dengan keluarga.

Namun jangan khawatir, karena ada cara yang sangat sederhana untuk mengatasi insomnia Anda, salah satunya adalah melakukan yoga otak!

Apa itu yoga otak dan bagaimana cara mempraktikkannya?

Yoga otak adalah “teknik pemberian energi dan pengisian otak yang sederhana dan efektif.”

Teknik ini pertama kali dipaparkan dalam buku “Superbrain Yoga” yang ditulis oleh Master Choa Kok Sui.

Jika Anda mau berlatih yoga otak, Anda harus mengikuti petunjuk berikut ini:

1. Tidur dengan menghadap ke timur jika Anda masih muda atau menghadap ke utara jika Anda lebih tua.

2. Lepaskan semua perhiasan Anda dan dekatkan ujung lidah Anda dengan langit-langit mulut Anda. Ulangi beberapa kali selama latihan berlangsung.

3. Letakkan tangan kanan Anda di atas bagian atas tubuh Anda dan pegang cuping telinga kanan Anda dengan ibu jari dan jari telunjuk kiri. Ibu jari harus berada di bagian depan telinga.

4. Jangan menggerakkan tangan kiri Anda, dan lakukan hal yang sama dengan tangan kanan dan peregangan di sepanjang tubuh untuk mengambil cuping telinga kiri Anda. Letakkan tangan kiri Anda sedekat mungkin dengan dada Anda.

5. Bernapaslah dalam-dalam melalui hidung dalam keadaan terlentang.

6. Buang napas melalui hidung saat Anda bangun lagi.

7. Ulangi langkah 5 dan 6 sebanyak 14 kali. Jaga lidah Anda tetap pada tempatnya. Pada saat yang sama, jari-jari Anda harus tetap memegang lobus telinga selama proses berlangsung.

Bagaimana setelah melakukan yoga otak di atas?

Mereka yang telah mempraktikkan yoga otak mengklaim bahwa dengan menggunakan semua titik tekanan tubuh, energi bisa dengan mudah ditransformasikan.

Yoga otak diyakini bisa mengurangi stres dan meningkatkan kekuatan dan fungsi otak.

Selain itu, mereka juga menjelaskan bahwa hal itu membantu remaja menenangkan dorongan seksual mereka.

Cara lain untuk memperbaiki kualitas tidur Anda

1.Buatlah jurnal untuk menuliskan berapa jumlah kafein yang Anda konsumsi setiap hari. Pastikan untuk menuliskan waktu Anda makan, berapa lama Anda melakukan olahraga, saat Anda bangun dan tidur, dan lain-lain.

Hal ini pada akhirnya akan membantu Anda menyadari faktor apa yang mempengaruhi kualitas impian Anda. Misalnya, jika minum kopi sebelum tidur mempengaruhi waktu tidur Anda, sebaiknya pertimbangkan untuk meninggalkan kebiasaan itu!

2. Perhatikan suhu kamar Anda. Jagalah agar tetap rendah. Banyak orang tidur lebih nyenyak jika kamarnya dingin. Suhu optimal ruangan adalah kurang dari 20º C.

3. Jika Anda menderita insomnia, bangun dan lakukan beberapa latihan. Terkadang kegelisahan bisa membuat Anda terjaga. Hindari menonton televisi dan menggunakan ponsel Anda sebelum tidur, karena cahaya terang yang terpancar dari layar mencegah Anda tertidur.

4. Cobalah tertidur sambil mendengarkan musik santai. Jika Anda mendengarkan musik klasik satu jam sebelum tidur, Anda akan tertidur lebih cepat.

Ikuti tips sederhana ini dan kualitas tidur Anda akan meningkat, serta Anda akan memiliki kesehatan yang lebih baik.

Namun, jika Anda menderita insomnia kronis, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

(intan/asr)

Sumber : perfecto.guru

 

 

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular