Erabaru.net. Selain Nazca Lines (Garis Nazca) yang terkenal sebagai geoglyph (grafis di atas tanah) raksasa di atas tanah, di Peru juga terdapat situs kuno misterius lainnya.

Situs itu adalah Paracas Candelabra. Geoglyph yang bentuknya seperti lilin ini terpampang di lereng pantai Peru.

Sejauh ini masih belum diketahui asal usul dan manfaat dari pola tersebut.

Paracas Candelabra menyerupai lilin altar yang bercabang tiga.

Ia terletak di Pisco Bay sebelah utara Semenanjung Paracas Peru.

Paracas Candelabra yang terukir di lereng pantai barat daya Peru, adalah salah satu pola misterius negara tersebut. (Wikipedia)

Pola geoglyph ini diukir ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 0,6 m, tinggi (panjamg) 181 meter, dapat terlihat dari jarak 20 km di laut.

Paracas Candelabra juga menyerupai trisula, sebagian orang percaya bahwa ia mungkin mewakili azimat yang digunakan oleh Vira Cocha, Dewa Pencipta dari mitologi Inca.

Tapi ada juga yang berpendapat, Paracas Candelabra lebih menyerupai kaktus.

Penarikan kesimpulan pada umumnya, Paracas Candelabra dianggap sebagai peninggalan Budaya Paracas (Paracas Culture), lantaran di wilayah sekitarnya telah tergali tembikar berusia 200 tahun SM.

Tembikar ini mungkin milik orang Paracas, tetapi orang-orang tidak dapat mengkonfirmasinya, Paracas Candelabra apakah milik orang Paracas.

Paracas Candelabra dilihat dari jarak dekat. (internet)

Adapun penggunaan pola geoglyph ini, ada sebagian pakar menganggapnya sebagai alat navigasi kapal untuk membantu kapal berlayar.

Penduduk setempat yakin bahwa pelaut menggunakannya untuk mengidentifikasi orientasi Semenanjung Paracas.

Bagaimanapun, Paracas Candelabra bagi manusia zaman sekarang masih merupakan suatu misteri.

Ia serupa dengan Garis Nazca, hal ini membuktikan bahwa manusia hanya tahu sedikit tentang budaya dan situs kuno. (chen jun chun/hui/whs/rp)

Share

Video Popular