Erabaru.net. Seekor kuda jatuh tersungkur saat menyusuri jalanan di perkampungan warga. Kuda ini tak jatuh dengan sendirinya, delman yang ditariknya mulai sepanjang jalan itu juga ikut terjatuh ke jalanan di sisi rumah warga.

Kejadian mendadak viral dan bisa dilihat seluruh masyarakat melalui sebuah video yang menggambarkan perlakuan yang diterima oleh seekor kuda delman ini.

Kuda ini diduga mengalami kelelahan hingga jatuh tersungkur. Melihat kuda itu terjatuh, seorang yang diduga sebagai kusir langsung ikut turun dan tanpa basa-basi langsung memecut kepala kuda itu.

Kuda itu terus meringkik dan semakin melemah suara ringkikannya. Pria bercelana pendek diduga kusir itu terus memukuli kuda coklat itu pada bagian badannya.

Sontak saja, kejadian ini menjadi tontonan warga sekitar. Bahkan di antara warga turut mendokumentasikan kejadian ini.

Seorang warga turut menyampaikan pesan kepada pria diduga kusir. Dia meminta agar kuda itu diistirahatkan. “Istirahat dulu beh. Dia (kuda) ngedrop mungkin, capek juga,” kata salah seorang warga.

Pecutan demi pecutan terus dilayangkan oleh terduga kusir itu. Bahkan aksinya turut dibantu oleh warga sekitar untuk mengangkat kuda itu. Hingga akhirnya kuda itu berhasil berdiri kembali dengan tetap dipecut oleh terduga kusir itu.

Sejumlah informasi menyebutkan  peristiwa tersebut terjadi sekitar di kawasan antara Bogor atau di Depok, Jawa Barat.

Tepat jam 14.48wib.Bendi/delman kampung,ngedrop jatoh seada"nya.Brp kilo kuda menempuh jalan walaupun keliling kampung….Inget mas kuda juga cipatan Tuhan.Dirapatkan dulu kudanya klo memank lelah..

AF Rizal Chaniago စာစုတင်ရာတွင် အသုံးပြုမှု ၂၀၁၇၊ ဩဂုတ် ၃၀၊ ဗုဒ္ဓဟူးနေ့

Beragam komentar datang dari masyarakat bahkan ada yang mengutuk aksi kekejaman terhadap hewan ini. Ungkapan kasihan disampaikan dikarenakan ada rasa khawatir bahwa kuda itu tersungkur dikarenakan tenaganya terus dipaksa untuk bekerja. Apalagi jika kemudian kuda itu tak prima atau sedang sakit.

Namun ada warganet mengiyakan tindakan itu, bagi dia teknik membangunkan kuda memang seperti itu. Jika tidak maka sendi-sendi kuda itu akan turut lemas. Namun warganet lainnya menimpali tak perlu memecutnya dan kuda itu akan bangun kembali jika pengait delman dilepaskan sementara waktu.

Sementara kecaman juga datang dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN). Mereka sangat berharap pemerintah untuk melarang kuda andong/delman agar penderitaan yang dialami oleh kuda ini berakhir.

Lembaga ini menuturkan pihaknya secara aktif bekerja menangani masalah kuda andong/delman di Jakarta dan kota-kota lain di luar Jakarta sejak 2009 silam. Bahkan dokter hewan dan pengobatan gratis turut mereka sediakan untuk kuda-kuda andong yang digunakan.

“Kami mengecam tindakan ini dan sangat berharap pemerintah untuk melarang,” jelas lembaga ini dalam instagramnya. (asr) 

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular