Erabaru.net. Ketika sebuah keluarga dari Oskaloosa, Iowa, AS sedang mencari buah di pekarangan rumah mereka, mereka menemukan sesuatu yang besar.

Tak disangka, itu adalah penemuan sebuah tulang “raksasa”, yang diperkirakan berusia 12.000 tahun.

Tujuh tahun yang lalu, di sepanjang lahan kosong sungai yang mengering, John dan anak-anaknya menemukan sesuatu yang tidak biasa, yang menyembul keluar dari dasar sungai.

“Saya memutuskan untuk turun, dan saya bisa melihat sebuah tulang di tanah tersebut, dan saya mengatakan putra saya bahwa saya menemukan sebuah tulang yang berukuran sangat besar,” kata John yang merupakan seorang petani, menurut Situs web Universitas Sejarah Alam Iowa (UIMNH).

Mereka telah menemukan tulang paha yang diketahui milik mammoth atau gajah berbulu.

© Flickr | UIMNH Mammoth

Selama dua tahun pertama, John menyimpan rahasia penemuannya itu, dan ia bersama keluarganya sering menggali daerah tersebut dengan backhoe.

Namun akhirnya mereka meminta bantuan para ahli, yang menggunakan metode penggalian yang lebih canggih. Di sana, mereka menemukan beberapa tulang rusuk, tulang belakang, dan falang yang juga milik gajah berbulu.

© Flickr | UIMNH Mammoth

Adanya bantuan tim ilmuwan dari UIMNH, serta ratusan sukarelawan, sejauh ini tiga tulang gajah berbulu berhasil ditemukan dari penggalian tanah di daerah itu.

© Flickr | UIMNH Mammoth

“Penemuan ini sangat bermanfaat bagi Museum Sejarah Alam karena pemilik tanah telah menyumbangkan ilmu yang terkait dengan binatang itu. Kita akan bisa menguji tulang ini untuk kepentingan penelitian dan pengetahuan.”

Share

Video Popular