Erabaru.net. Sebuah barang pribadi milik orang Yahudi ini ditemukan tersembunyi di dasar cangkir berkarat. Barang ini berfungsi sebagai pengingat kejadian tragis pada masa lalu yang kejam dan tidak manusiawi.

Dr. Piotr MA Cywiński, Direktur Museum Auschwitz, mengkonfirmasi dalam sebuah siaran pers bahwa terdapat sebuah cangkir peninggalan orang Yahudi yang ditemukan di Kamp Konstentrasi Auschwitz, Polandia, dan kini cangkir itu telah dibawa ke Museum Auschwitz.

Banyak barang pribadi orang Yahudi ditemukan di sana, dan telah diteliti oleh beberapa arkeolog, ilmuwan, dan sejarawan, setelah peristiwa Holocaust.

Barang peninggalan seperti syal untuk beribadah, bintang Yahudi, kacamata, dan pakaian anak-anak dikumpulkan dan sekarang disimpan di Museum Auschwitz “sebagai bukti nasib orang-orang Yahudi yang dideportasi ke Kamp Konsentrasi Auschwitz dan kebijakan pemusnahan Bangsa Yahudi di masa Nazi Jerman,” kata Dr. Cywiński.

(Foto : Screenshot | CNN )

Cangkir itu terlihat biasa seperti cangkir lama, kecuali tanda karat berbentuk hati di dalamnya.

Setelah cangkir ini diperiksa dengan menggunakan sinar-X, ternyata ada suatu rahasia yang tersembunyi. Di dasar cangkir itu ditemukan sebuah cincin emas dan kalung wanita.

(Foto : Screenshot | CNN )

“Orang-orang Jerman terus-menerus berbohong kepada orang-orang Yahudi untuk melakukan deportasi ke salah satu kota di Polandia itu, padahal sebenarnya itu adalah tindakan pemusnahan kaum Yahudi yang dilakukan oleh Pemerintah Nazi,” kata Cywiński.

“Mereka diberitahu bahwa mereka akan mendapat kembali pemukiman, pekerjaan, dan kehidupan yang jauh lebih baik di sana. Mereka juga membiarkan orang-orang Yahudi itu membawa barang bawaan mereka.”

(Foto : Screenshot | CNN )

“Dengan cara ini, orang-orang Jerman tahu bahwa di dalam barang bawaan-termasuk pakaian dan barang-barang yang dibutuhkan seumur hidup, akan ditemukan barang berharga terakhir peninggalan keluarga-keluarga yang dideportasi itu.”

(Foto : Screenshot | CNN )

Kita mungkin tidak akan pernah tahu barang ini milik siapa, tapi kita dibuat terpesona oleh keberanian mereka.

(Foto : Screenshot | CNN )

Setiap upaya yang dilakukan untuk menyembunyikan barang pribadi mereka “menunjukkan bahwa keluarga Yahudi terus-menerus mendapat secercah harapan bahwa barang-barang ini akan dibutuhkan akan keberadaan mereka,” kata Cywinski.(intan/yant)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular