Erabaru.net. Berita tentang ponsel kuno, yang diduga ditinggalkan oleh alien dan digali pada tahun 2015, ternyata bisa mengakses Internet.

Dalam foto tersebut, kita dapat melihat bahwa ponsel kuno tersebut memang memiliki simbol keypad cuneiform (tanda runcing) kuno, dan agak menyerupai ponsel “3310 Nokia” lama.

Dikatakan bahwa arkeolog telah menemukan ponsel berusia 800 tahun di Fuschl am See di Austria.

“Alat seperti ponsel ini, dengan keypad simbol cuneiform yang ditemukan di Austria adalah sesuatu yang tidak dapat dipahami atau dijelaskan oleh siapa pun,” tulis situs konspirasi To the Death Media.

“Sayangnya, informasi tentang penemuan ‘sensasional’ ini masih sangat terbatas.”

© YouTube Screenshot | Paranormal Crucible

Nah, klaim ini dan yang lainnya, seperti pernyataan yang dibuat oleh Paranormal Crucible, mengklaim bahwa telepon tersebut berasal dari “abad ke-13 SM,” yang memiliki sebuah teori konspirasi. Dan kita tahu betapa mudahnya kita mengakses informasi hari ini.

© YouTube Screenshot | Paranormal Crucible

Di antara situs yang melaporkan penemuan yang tidak biasa ini adalah Mysterious Universe, yang berspekulasi tentang bagaimana alien datang dari planet yang disebut Nibiru, yang juga dikenal sebagai Planet X, dan mengenalkan ponsel ke orang-orang mereka.

Sebenarnya, asal mula “ponsel asing” ini benar-benar masuk akal. Ponsel ini merupakan karya seni yang dibuat oleh seorang pemahat Jerman bernama Karl Weingärtner sebagai cara untuk menggambarkan evolusi komunikasi.

Dia memposting karyanya di Facebook, di mana seseorang menyebutnya “BabyloNokia.” Kenyataannya, menurut beberapa evaluasi , objeknya bukanlah Nokia, melainkan Sony Ericsson S868.

“Foto itu digunakan tanpa sepengetahuan saya dan tanpa persetujuan saya,” kata Weingärtner kepada HuffPost , sebagai tanggapan atas klaim luar biasa mengenai karya seninya.

Rupanya, Weingärtner menghubungi Express dan mengklaim, “Saya adalah orang yang membuat ponsel tablet ini dari tanah liat dengan memasang huruf runcing di atasnya.” Dia melanjutkan, “Ponsel saya dari karya seni ini telah membuat keributan dunia.”

Seperti yang kita lihat, pemahaman sensasional ternyata merupakan salah satu kesalahpahaman besar.

Sayangnya, di zaman sekarang ini, terkadang kita dihadapkan dengan informasi yang tidak tepat atau bersifat hoax. Tapi, pemikiran ponsel berusia 800 tahun terdengar cukup bagus, kan?

(intan/asr)

Sumber : ntd.tv

Share
Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular