Erabaru.net. Rasa takut adalah bagian dari kehidupan manusia. Dalam dosis yang kecil, hal itu akan sangat bermanfaat ketika kita berhadapan dengan hal-hal berbahaya, ataupun berada dalam situasi dimana kita harus mundur.

i.imgflip.com

Di masa kanak-kanak, ketakutan ini nampak lebih intens dan sering tak bisa dijelaskan alasannya. Penting untuk memahami ketakutan alami di setiap tahap kehidupan anak-anak, untuk membantu anak-anak kita mengatasi ketakutan tersebut:

i.ytimg.com

Sampai 6 bulan: bayi takut suara keras dan wajah aneh.

7-11 bulan: takut ketinggian, orang dan tempat yang aneh.

1 tahun: tidak adanya orang tua.

2 tahun: takut akan kegelapan, suara, guntur, dan makhluk khayalan.

3-4 tahun: takut monster, kegelapan, badut dan orang lain yang menyamar, serangga, takut sendirian.

5 tahun: takut jatuh, kehilangan orang tua, guntur, pencuri, anjing.

6-7 tahun: takut akan hantu, penyihir, orang tua menjadi sakit, takut sendirian saat mereka tidur.

Jangan pernah meremehkan atau mengabaikan rasa takut anak. Dampingilah mereka, temani mereka, katakan kepada mereka bahwa mereka terlindungi dan mereka akan baik-baik saja.

1.bp.blogspot.com

Bila anak itu sedikit lebih besar, jelaskan bahwa ketakutan adalah sesuatu yang dimiliki setiap orang, dan ketakutan itu ada untuk melindungi diri mereka sendiri dan bukan untuk menghambat.

s3-eu-west-1.amazonaws.com

Pendidikan serta pendampingan yang tepat akan rasa takut di masa kecil, akan membawa efek jangka panjang. Saat anak tersebut semakin dewasa secara emosional, dia dapat sedikit demi sedikit melepaskan diri dari ketakutan dan menjadi orang dewasa yang lebih kuat dan mampu mengatasi hal-hal yang membuat orang dewasa merasa takut. (Jul)

Sumber: desenvolvimento-infantil.blog.br / perfecto.guru

Share
Kategori: BAYI PARENTING

Video Popular